Cara publikasi jurnal internasional

No Comments

Bagi seorang dosen yang ingin naik jabatan atau ingin menambah angka kredit wajib hukumnya membuat jurnal penelitian. Adapun cara publikasi jurnal internasional ternyata tidaklah mudah. Kenyataannya, ada beberapa proses yang harus kita lalui agar jurnal bisa diterima dan di publikasikan.

Sebenarnya jurnal penelitian Anda bisa di submit langsung oleh Anda sendiri. Namun bukan berarti naskah Anda pasti lolos seleksi. Bagi dosen peneliti pemula mungkin ada yang masih belum paham bagaimana cara publikasi jurnal internasional. Tenang, Pada ulasan kali ini kita akan membahasnya.

Cara publikasi jurnal internasional

Ada 8 tahapan cara publikasi jurnal internasional diantaranya sebagai berikut.

1. Memiliki draft jurnal yang akan di publish

Cara publikasi jurnal internasional yang paling pertama adalah anda harus memiliki draf jurnal terlebih dahulu. Adapun kriteria draf jurnal agar dapat lolos ketika di submit yaitu dengan membuat jurnal sebaik mungkin, tepat sasaran dan layak untuk dijadikan rujukan serta jurnal berkredibel.

Salah satu cara membangun krebilitas jurnal yang Anda buat adalah dengan menyantumkan sumber referensi yang digunakan untuk menghindari tindakan plagiarisme. Jadi, pastikan bahwa draf jurnal Anda sudah benar-benar matang dan lengkap, agar mudah lolos seleksi pada saat submit.

2. Terjemahkan artikel Anda pada translator professional

Cara publikasi jurnal internasional  yang kedua adalah menerjemahkan artikel Anda pada translator profesional. Karena yang pertama dilihat reviewer adalah bahasa.

Disini peran penerjemah sangat besar, karena tugas translator bukan hanya menerjemahkan saja tetapi juga harus menulis ulang jika diperlukan dan harus menggunakan Bahasa Inggris yang diterima.

3. Mempunyai jurnal yang relevan dengan rumpun keilmuwan

Mempunyai jurnal yang terindeks sangatlah penting, jangan sampai Anda tertipu oleh jurnal predator (jurnal penipu abal-abal). Cara mengetahui jurnal kita terindeks atau tidak adalah dengan menggunakan mesin pencari atau indeks jurnal seperti ScopusThomson reutersScience directElsevier, dan Proquest.

4. Menjaga kualitas Jurnal

Menjaga kualitas jurnal adalah salah satu cara publikasi jurnal internasional agar jurnal Anda bisa lolos seleksi dengan mudah. Anda harus menggunakan format dasar dalam penulisan jurnal.

Selain itu, Anda juga bisa memperhatikan kelengkapan isi, data table, grafik, sampai gambar dalam jurnal jika ada. Membuat format jurnal yang lengkap bisa menjadi nilai plus agar tulisanmu semakin besar lolosnya.

5. Mengikuti Proses Submit Jurnal

Langkah selanjutnya untuk publikasi jurnal internasional adalah mengikuti proses submit jurnal. Usahakan untuk mengikuti semua aturan dari penyelenggara agar lebih mudah lolos. Selain itu, agar tidak salah langkah perhatikan penyelenggara jurnal yang Anda ikuti.

karena ada tim penyelenggara yang lebih suka menerima jurnal melalui email dan Ada juga yang lebih suka dengan sistem menginput data. Apabila artikel Anda diterima, maka Anda akan diberikan penjelasan lebih lanjut mengenai proses review, pembayaran hingga penerbitan. Dan apabila artikel Anda ditolak, Anda bisa memilih jurnal lain dengan IF yang lebih rendah dan mengikuti prosedur yang sama.

6. Menunggu proses review

Jika jurnal Anda telah diterima, maka Anda akan melewati proses review oleh tim reviewer. Adapun yang dinilai oleh tim review adalah dari segi bahasa, konten, sitasi, referensi, dan lain sebagainya. Diperkirakan proses review akan memakan waktu cukup lama selama 3-8 bulan.

Hati-hati dengan reviewer jurnal yang menjanjikan proses review kurang dari 2 bulan, karena bisa saja itu adalah jurnal predator.

7. Proses Evaluasi atau revisi

Reviewer akan memberikan masukan apa yang harus direvisi. Biasanya 90% revisi yang diterima penulis pemula adalah mengenai bahasa. Disinilah pentingnya translator jurnal professional agar tidak mengeluarkan uang 2 kali lipat untuk revisi. Untuk revisi biasanya akan diberikan waktu deadline 2-5 pekan.

8. Proses Pembayaran

Publikasi jurnal internasional memang cukup mahal, karena harga publikasi yang fantastis berkisar antara USD 30 sampai USD 5,000. Sedangkan untuk jurnal dalam bentuk open access dibandrol dengan harga yang lebih mahal.

karena artikel Anda akan banyak dirujuk orang lain. Adapun yang lebih murah atau bahkan gratis, namun orang lain harus membayar saat akan membaca dan merujuk artikel Anda. Setelah Anda selesai melakukan pembayaran, maka artikel Anda akan terbit di volume berikutnya.

Tips cara publikasi jurnal internasional dengan mudah dan cepat

Menyusun karya tulis ilmiah dan mempublikasikannya merupakan salah satu tugas dan kewajiban utama khususnya dosen dan mahasiswa. Bahwa berdasarkan pasal 54 UU. No. 12 tahun 2012 tentang pendidikan tinggi (UU dikti) dan surat edaran nomor : B/323/B.B1/SE/2019 publikasi karya ilmiah program sarjana, program magister, program doctor yang mewajibkan syarat lulusan program magister selain Menyusun tesis yaitu mempublikasi karya ilmiah pada jurnal ilmiah terakreditasi atau diterima untuk diterbitkan di jurnal internasional.

International Journal Labs hadir dengan harapan menjadi solusi semua research internasional sejalan dengan tagline “solution for research and publication”. Naskah Anda kami publish merupakan kebanggaan kami dalam membantu suksesi publikasi dengan mudah dan cepat.

SIlahkan konsultasikan karya ilmiah anda untuk kami bisa publikasikan pada publisher jurnal internasional yang aktif di Scopus dan Scimago Journal dengan mudah dan cepat semua rumpun ilmu. Seluruh prosesnya bisa kami bantu mulai dari Proofreading, Translate, layout, Submit hingga Publish.

Seluruh artikel yang sudah publish bisa digunakan untuk kelulusan S2/S3 maupun kenaikan jabatan akademik dosen hingga Guru Besar.

Demikian pembahasan cara publikasi jurnal internasional bagi pemula. Selamat mencoba dan membuat artikel jurnal. Semoga bisa publish pada jurnal internasional bereputasi dengan proses panjang, tetapi kesulitan tidak akan menjadi mudah ketika tidak dimulai dikerjakan. Semoga artikel ini memberi manfaat.

Penulis blog website Syntax Corporation Indonesia yang tertarik dengan dunia pendidikan

About us and this blog

We are a digital marketing company with a focus on helping our customers achieve great results across several key areas.

Request a free quote

We offer professional SEO services that help websites increase their organic search score drastically in order to compete for the highest rankings even when it comes to highly competitive keywords.

Subscribe to our newsletter!

More from our blog

See all posts
No Comments

Leave a Comment