Syarat Pendirian Perguruan Tinggi Swasta

No Comments

Pada kesempatam kali ini Admin akan membagikan apa saja syarat Pendirian Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

Perguruan Tinggi adalah satuan pendidikan formal yang mengelola pendidikan tinggi, baik yang pemerintah selenggarakan maupun yang oleh warga sipil selenggarakan. Sedangkan Pendirian Perguruan Tinggi yaitu pembentukan akademi, politeknik, sekolah tinggi, institut, dan universitas.

Pendirian PTS oleh   Badan   Penyelenggara   adalah   pembentukan   PTS   baru   yang   dapat berbentuk Universitas, Institut, Sekolah  Tinggi, Politeknik, Akademi. Pada tahun 2016 telah ada berbagai usul pendirian atau perubahan perguruan tinggi swasta, serta pembukaan atau perubahan program studi perguruan tinggi.

Persyaratan dan prosedur yang diterapkan dapat meningkatkan efisiensi pemrosesan usul tersebut, selain masih terdapat hal-hal yang masih dapat dikembangkan sehingga mampu mempersingkat waktu pemrosesan usul- usul yang diajukan. Tanpa basa-basi lagi berikut syarat pendirian perguruan tinggi swasta.

Syarat Pendirian Perguruan Tinggi Swasta (PTS)

Syarat Pendirian Perguruan Tinggi Swasta
sumber : freepik

Usulan pendirian Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terlebih dahulu harus memenuhi syarat dan kriteria minimal sebagaimana dalam Kepmen No. 234/U/2000, No. 232/U/2000, dan Kepdirjen DIKTI No. 108/DIKTI/Kep/2001.

Usulan Pendirian Perguruan Tinggi Swasta baru saat ini ada dua jalur proses, tahap pertama yaitu secara offline dengan terlebih dahulu mengisi formulir 1 s/d formulir 3 yang dapat Anda unduh pada link berikut http://prodibaru.dikti.go.id.

Tahap kedua yaitu secara online setelah mendapat user id dan password. Kemudian mengisi formulir 4 dan formulir 5 sesuai dengan ketetapan mekanisme.

Artikel Terkait : “Jasa Konsultan Akreditasi Perguruan Tinggi dan Program Studi”

Syarat Pendirian Perguruan Tinggi Swastayang harus disusun/dipenuhi adalah sebagai berikut:

  1. Yayasan sudah mendapatkan pengesahan dari Kementerian Hukum dan HAM RI (telah menyesuaikan anggaran dasar sesui dengan undang-undang nomor 16 tahun 2001 tentang Yayasan
  2. Yayasan tidak dalam konflik internal
  3. Fotocopy Akta Pendirian Yayasan yang sudah notaris legalisir yang menyatakan menyelenggarakan Pendidikan Tinggi
  4. Yayasan memiliki lahan, untuk Akademi, politeknik dan Sekolah tinggi minimal 5000 m2, Institut 8000 m2 dan Universitas minimal 10000 m2.
  5. Laporan keuangan yayasan sudah berdiri lebih 1 tahun.
  6. Fotocopy rekening koran 3 bulan terakhir untuk yayasan yang sudah berdiri kurang dari 1 tahun.
  7. Harus melengkapi persyaratan pendirian perguruan tinggi, seperti berikut:
    • Rencana induk pengembangan (RIP).
    • Studi Kelayakan, dengan mempertimbangkan kepentingan pemerintah, masyarakat, dan industri, dan memperhatikan peta perguruan tinggi serta program studi sejenis yang ada pada wilayah sekitarnya.
    • Sumber pembiayaan;
    • Sarana dan prasarana;
    • Penyelenggara perguruan tinggi.
    • Akta Notaris pendirian yayasan
    • SK pengesahan/surat penyesuaian, untuk PTS yang melakukan perubahan bentuk.
    • Standar Penjamin Mutu Internal
    • Rancangan std pendidikan yang sesuai dengan PP no. 19 /2005 ttg  Standar Nasionalisasi Pendidikan

Prosedur dan Syarat Pembukaan Program Studi Baru

Setelah membahas secara tuntas tentang syarat pendirian perguruan tinggi swasta, selanjutnya kita ke pembahasan pembukaan program studi baru. Mekanisme dan persyaratan usulan pembukaan prodi baru itu sama dengan usulan pendirian PTS baru. Perbedaannya terletak pada status PTS yang bersangkutan.

Perguruan yang mengusulkan adalah perguruan sehat yang taat azas dan mematuhi ketentuan yang berlaku. Perguruan tinggi swasta itu mempunyai sumber daya yang memadai dan cukup untuk dikembangkan sesuai dengan RIP dan Renstra PTS yang telah disusun.

Alur atau prosedurnya

  1. Pemimpin perguruan tinggi memohon rekomendasi kepada LLDikti.
  2. LLDikti memeriksa kelangkapan dan kebenaran dokumen.
  3. LLDikti memberikan rekomendasi.
  4. Perguruan tinggi mengajukan permintaan akun ke Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi melalui: silemkerma.kemdikbud.go.id
  5. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dan LLDikti melakukan verifikasi dokumen dan evaluasi lapangan.
  6. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi mengajukan usul tertulis penerbitan izin pembukaan program studi akademik kepada Sesjen.
  7. Sesjen atas nama Mendikbud menerbitkan Surat Keputusan tentang pembukaan program studi akademik.

Syarat Pembukaan Prodi Baru Menurut Permendikbud

  1. Susunan Kurikulum Program Studi berdasarkan kompetensi lulusan sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan Tinggi dan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  2. Dosen paling sedikit berjumlah lima orang untuk satu Program Studi di Kampus Utama, dengan ketentuan memenuhi usia dan kualifikasi akademik sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  3. Pada program doktor memiliki paling sedikit dua orang calon Dosen tetap dengan jabatan akademik profesor dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang sesuai dengan Program Studi;
  4. Pada program doktor terapan memiliki paling sedikit dua orang calon Dosen tetap dengan jabatan akademik doktor/doktor terapan dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang sesuai dengan Program Studi;
  5. Untuk Dosen bersedia bekerja penuh waktu selama 37,5 jam per minggu;
  6. Penempatan Dosen dan tenaga kependidikan pada Program Studi yang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  7. Persetujuan Badan Penyelenggara ini untuk pembukaan Program Studi pada PTS; dan
  8. Program Studi dikelola oleh unit pengelola Program Studi dengan organisasi dan tata kerja sebagai berikut:
    • Pada PTN harus berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan;
    • Pada PTS disusun dan ditetapkan oleh Badan Penyelenggara.

Untuk Pemenuhan syarat minimum akreditasi di atas harus ada dalam dokumen usulan pembukaan Program Studi pada PTN atau PTS yang relevan.

Demikianlah sedikit informasi tentang syarat pendirian perguruan tinggi swasta dari admin, jika ada yang ingin berkonsultasi gratis hbisa klik link berikut ini.

KONSULTASI GRATIS

Refensi : edukasi.kompas & silemkerma.kemdikbud

Penulis blog website Syntax Corporation Indonesia yang tertarik dengan dunia pendidikan

About us and this blog

We are a digital marketing company with a focus on helping our customers achieve great results across several key areas.

Request a free quote

We offer professional SEO services that help websites increase their organic search score drastically in order to compete for the highest rankings even when it comes to highly competitive keywords.

Subscribe to our newsletter!

More from our blog

See all posts
No Comments

Leave a Comment