Syarat Pendirian Perguruan Tinggi Swasta

7 Comments

Pada kesempatam kali ini Admin akan membagikan apa saja syarat Pendirian Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

Perguruan Tinggi adalah satuan pendidikan formal yang mengelola pendidikan tinggi, baik yang pemerintah selenggarakan maupun yang oleh warga sipil selenggarakan. Sedangkan Pendirian Perguruan Tinggi yaitu pembentukan akademi, politeknik, sekolah tinggi, institut, dan universitas.

Pendirian PTS oleh Badan Penyelenggara adalah pembentukan PTS baru yang dapat berbentuk Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Politeknik, Akademi. Pada tahun 2016 telah ada berbagai usul pendirian atau perubahan perguruan tinggi swasta, serta pembukaan atau perubahan program studi perguruan tinggi.

Persyaratan dan prosedur yang diterapkan dapat meningkatkan efisiensi pemrosesan usul tersebut, selain masih terdapat hal-hal yang masih dapat dikembangkan sehingga mampu mempersingkat waktu pemrosesan usul- usul yang diajukan. Tanpa basa-basi lagi berikut syarat pendirian perguruan tinggi swasta 2022.

Syarat dan Usulan Pendirian Perguruan Tinggi Swasta (PTS)

Syarat Pendirian Perguruan Tinggi Swasta
sumber : freepik

Usulan pendirian Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terlebih dahulu harus memenuhi syarat dan kriteria minimal sebagaimana dalam Kepmen No. 234/U/2000, No. 232/U/2000, dan Kepdirjen DIKTI No. 108/DIKTI/Kep/2001.

Usulan Pendirian Perguruan Tinggi Swasta baru saat ini ada dua jalur proses, tahap pertama yaitu secara offline dengan terlebih dahulu mengisi formulir 1 s/d formulir 3 yang dapat Anda unduh pada link berikut http://prodibaru.dikti.go.id.

Tahap kedua yaitu secara online setelah mendapat user id dan password. Kemudian mengisi formulir 4 dan formulir 5 sesuai dengan ketetapan mekanisme.

Syarat Pendirian Perguruan Tinggi Swasta yang harus disusun/dipenuhi adalah sebagai berikut:

  1. Badan Penyelenggara PTS memiliki Akta Notaris Pendirian Yayasan dan sudah disahkan oleh SK Kemenkumham
  2. Rekomendasi LLDIKTI setempat
  3. Memiliki dosen berjumlah 5 (lima) orang untuk setiap program studi
  4. Yayasan memiliki lahan, untuk Akademi, politeknik dan Sekolah tinggi minimal 5000 m2, Institut 8000 m2 dan Universitas minimal 10000 m2.
  5. Laporan keuangan yayasan sudah berdiri lebih 1 tahun, dan Laporan Keuangan yang sudah di Audit oleh Akuntan Publik untuk Yayasan yang sudah berdiri lebih dari 3 Tahun.
  6. Fotocopy rekening koran 3 bulan terakhir untuk yayasan yang sudah berdiri kurang dari 1 tahun.
  7. Dokumen Standar Penjaminan Mutu (SPMI)
  8. Study Kelayakan

Ingin Mendirikan Perguruan Tinggi Sendiri? Bisa kok. Silakan Konsultasi Sekarang (gratis)

Prosedur Dan Syarat Pembukaan Program Studi Baru

Setelah membahas secara tuntas tentang syarat pendirian perguruan tinggi swasta, selanjutnya kita ke pembahasan pembukaan program studi baru. Mekanisme dan persyaratan usulan pembukaan prodi baru itu sama dengan usulan pendirian PTS baru. Perbedaannya terletak pada status PTS yang bersangkutan.

Perguruan yang mengusulkan adalah perguruan sehat yang taat azas dan mematuhi ketentuan yang berlaku. Perguruan tinggi swasta itu mempunyai sumber daya yang memadai dan cukup untuk dikembangkan sesuai dengan RIP dan Renstra PTS yang telah disusun.

Konsultasikan segera pada kami untuk mendapatkan solusi terbaik dalam pendirian perguruan tinggi.

Syarat Pembukaan Prodi Baru Menurut Permendikbud

Syarat Pembukaan Prodi Baru Menurut Permendikbud
  1. Susunan Kurikulum Program Studi berdasarkan kompetensi lulusan sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan Tinggi dan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  2. Dosen paling sedikit berjumlah lima orang untuk satu Program Studi di Kampus Utama, dengan ketentuan memenuhi usia dan kualifikasi akademik sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  3. Pada program doktor memiliki paling sedikit dua orang calon Dosen tetap dengan jabatan akademik profesor dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang sesuai dengan Program Studi;
  4. Pada program doktor terapan memiliki paling sedikit dua orang calon Dosen tetap dengan jabatan akademik doktor/doktor terapan dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang sesuai dengan Program Studi;
  5. Untuk Dosen bersedia bekerja penuh waktu selama 37,5 jam per minggu;
  6. Penempatan Dosen dan tenaga kependidikan pada Program Studi yang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  7. Persetujuan Badan Penyelenggara ini untuk pembukaan Program Studi pada PTS; dan

Untuk Pemenuhan syarat minimum akreditasi di atas harus ada dalam dokumen usulan pembukaan Program Studi pada PTN atau PTS yang relevan. Jika ingin mengetahui prosedur, alur serta apa saja syarat untuk melakukan pembukaan program studi baru bisa klik untuk layanan konsultasi:)

Apa Saja Syarat Menjadi Universitas?

Apa Saja Syarat Menjadi Universitas?

Mulai Januari 2019, persyaratan 10 Program Studi (Prodi) tidak lagi diwajibkan dalam mendirikan Universitas, melainkan hanya 5 Program Studi.

Lima program studi tersebut meliputi tiga ilmu eksakta dan dua dari ilmu-ilmu sosial. Peraturan sebelumnya mewajibkan 10 program studi untuk membuka universitas.

Patdono menjelaskan hal ini pada hari Kamis (12 Juni 2018) lalu dalam Dialog Muswil III untuk wilayah Sulawesi Selatan yang diselenggarakan oleh Asosiasi Organisasi dan Lembaga Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (AB-PPTSI).

Mengutip rilis Humas Lembaga Layanan Dikti Wilayah IX Sulawesi, Jumat (7/12/2018), kebijakan baru tersebut menjadi bagian penting dalam percepatan kualitas sumber daya manusia (SDM).

Namun, saat ini tidak ada izin untuk mendirikan universitas baru. Namun preferensi diberikan kepada perguruan tinggi yang akan digabung menjadi Universitas.

“Mendirikan institut juga diberikan kemudahan. Jika dulu membutuhkan 6 prodi maka aturan baru hanya butuh 3 prodi saja,” kata Padono.

Dialog AB-PPTSI juga menghadirkan dua pakar lainnya. Prof. Thomas Suyatno, Direktur AB-PPTSI Pusat dan Prof. Jasruddin MSi, Direktur LLDikti Kabupaten 9 Sulawesi. (*)

Ingin Lebih Tahu Apa Saja Persyaratan Untuk Pendirian Perguruan Tinggi? Konsultasi Sekarang!

Syarat Pendirian Sekolah Tinggi Agama Islam

Untuk mengetahui apa saja Syarat Pendirian Sekolah Tinggi Agama Islam, kamu bisa cek melalui link PDF berikut ini!

Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah Terkait Pendirian PTS dan Prodi Baru

Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah Terkait Pendirian PTS dan Prodi Baru

Ada beberapa undang-undang terkait pendirian PTS & Produi Baru 2022. Adapun undang-undangnya sebagai berikut :

  • Kepmen No. 234/U/2000 (UU No. 234-U-2000, Tentang Pedoman Pendirian Perguruan Tinggi)
  • Kepmen No. 232/U/2000 (UU No. 232-U-2000, Tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum)
  • Kepdirjen DIKTI No. 108/DIKTI/Kep/2001 (Kepdirjen DIKTI No. 108-DIKTI-Kep-2001 Pedoman Pembukaan Program Studi)
  • PP no. 19 /2005 ttg Standar Nasionalisasi Pendidikan (PP-no-19-th-2005-ttg-standar-nasional-pendidikan)
  • PP No. 32/2013 ttg Perubahan Standar Nasional Pendidikan (PP No. 32-2013, Perubahan PP No. 19-2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan)
  • Permen No. 85/2008 ttg Pendoman Penyusunan Statuta (Permen 85 tahun 2008 Tentang Penyusunan Statuta)
  • PANDUAN PENGAJUAN IJIN PENYELENGGARAAN PROGRAM STUDI BARU (Panduan PS Online)
  • UU No. 12/2012 ttg Pendidikan Tinggi (UU NOMOR 12 TAHUN 2012 Tentang Pendidikan Tinggi)

Biaya Mendirikan Perguruan Tinggi (Kampus & Universitas)

Biaya Mendirikan Kampus

Untuk rincian biaya mendirikan kampus, silahkan konsultasi dengan klik link whatsapp dibawah ini.

Solusi Tepat Pendirian Perguruan Tinggi (gratis konsultasi)

Kata kunci terkait : syarat pendirian perguruan tinggi swasta 2020, biaya mendirikan universitas, syarat mendirikan universitas, syarat pendirian universitas, syarat sekolah tinggi menjadi universitas, syarat menjadi universitas, usulan pendirian perguruan tinggi, syarat, mendirikan perguruan tinggi, syarat pendirian perguruan tinggi swasta, syarat, mendirikan sekolah tinggi, cara mendirikan universitas, cara membuat universitas, syarat mendirikan kampus, syarat sekolah tinggi menjadi institute, syarat pendirian institute, syarat pendirian sekolah tinggi, pendirian perguruan tinggi, pendirian perguruan tinggi baru, syarat perguruan tinggi menjadi universitas, syarat pendirian universitas baru, syarat sekolah tinggi menjadi universitas,

Penulis blog website Syntax Corporation Indonesia yang tertarik dengan dunia pendidikan

Request a free quote

We offer professional SEO services that help websites increase their organic search score drastically in order to compete for the highest rankings even when it comes to highly competitive keywords.

Subscribe to our newsletter!

More from our blog

See all posts
7 Comments
  1. Pingback: Beberpaa Usulan Pendirian Perguruan Tinggi Lengkap!

  2. Pingback: Yuk Simak Syarat Pendirian Institut - Syntax Corporation Indonesia

  3. Pingback: Syarat Pendirian Sekolah Tinggi Agama Islam - Syntax Corporation Indonesia

    • danu
    • Juni 19, 2022
    Balas

    apakah memungkinkan untuk membuat PTS dengan sistem pembelajaran jarak jauh seperti UT?

    • Balas

      Untuk informasi lebih lanjut, kakak bisa langsung tanyakan kepada tim ahli kami di nomor +62 859-5241-3495 ya. Kami menyediakan sesi konsultasi gratis juga

    • iip
    • Januari 8, 2022
    Balas

    Mohon info apakah Sekolah Tinggi bisa hanya 1 prodi, misalnya hukum?

    • Eisen
    • November 17, 2021
    Balas

    Call me 081257926382 WA

  4. Balas

    Saya butuh pendampingan utk mendirikan universitas mohon hubungi saya di 081217099989 (Kepala Bidang Pendidikan dan Kebudayaan Jokowi Centre)

    • jufri
    • Juli 5, 2021
    Balas

    Terima kasih atas informasinya.
    mungkin yang akan saya tanyakan adalah :
    Bagaimana proses mendaftarkan Yayasan? untuk perguruan Tinggi?
    Terima kasih

    • Balas

      Mohon maaf kak, terkait pembentukan/pendirian yayasan kebetulan kami tidak menangani hal tersebut. Konsen kami pada proses pendampingan pendirian perguruan tingginya saja

Leave a Comment