Pentingnya Mendaftarkan Merek

Kamu ingin mengetahui lebih lanjut terkait peran pentingnya mendaftarkan merek? yuk simak artikel ini sampai habis agar kamu mendapatkan jawabannya!

Merek adalah hal yang sangat penting dalam kegiatan berbisnis dan perdagangan barang dan jasa.

Nah, untuk itu, merek dagang sangat wajib untuk kamu lindungi dengan cara mendaftarkannya ke DJKI (Direktorat Jenderal Kekayaan Intelaktual Kementrian Hukum dan HAM.

Apa Itu Merek?

Pentingnya Mendaftarkan Merek

Nah, sebelum kita mengulik lebih jauh terkait pentingnya mendaftarkan merek, ada baiknya jika kita ketahui dan pahami terlebih dahulu mengenai apa yang di maksud dengan merek.

Merek adalah sebuah symbol atau tanda pembeda dalam setiap kegiatan perdagangan barang dan jasa sejenis, serta jaminan mutu jika dibandingkan dengan barang atau jasa sejenis milik pihak lain.

Dengan demikianlah, merek mencakup komitmen perusahaan untuk secara konsisten menyediakan manfaat, fitue dan juga layana khusus kepada konsumen.

Merek dagang atau brand termasuk kedalam Hak Kekayaan Intelektual (HAKI), karena ini yang menjadi pembeda antara produk dan jasa yang unik dan juga berbeda dengan prodik-produk lain yang mungkin sejenis. Bagian-bagian dasar branding ini mencakup desain ekspresi dan juga symbol yang bisa dikenali.

Bagi Kamu Yang Memiliki Kebutuhan Seputar HKI, Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Konsultan HKI Kami Sekarang Juga! Silahkan Klik Whatsapp Di Bawah Ini! (Gratis)

Baca Juga : Cara Daftar Merek Dagang

Pentingnya Mendaftarkan Merek

Nah, secara umum merek dagang atau merek jasa merupakan tanda, symbol, atau ekspresi untuk membedakan antara barang dan jasa yang diproduksi. Dan mendaftarkan merek dagang juga sangat penting dalam menghindari masalah hukum dikemudian hari.

Pemakaian merek berfungsi sebagai:

  • Tanda pengenal dalam membedakan antara hasil produksi yang dihasilkan oleh seseorang atau hukum dengan produksi orang lain atau badan hukum lainnya atau beberapa orang/kelompok secara Bersama-sama;
  • Sebagai alat promosi, sehingga memnpromosikan hasil produksinya hanya cukup dengan menyebut saja mereknya;
  • Jaminan atas mutu barangnya; dan
  • Penunjuk asal barang atau jasa yang dihasilkan.

Selain itu juga, merek atau merek dagang yang sudah terdaftar juga merupakan hal yang sangat penting bagi pihak yang memproduksi baran atau jasa.

Pendaftaran merek berfungsi sebagai:

  • Sebagai alat bukti atau tanda bagi pemilik yang berhak atas merek yang telah didaftarkan;
  • Dasar penolakan terhadap merek dagang yang sama persis atau sama keseluruhan dan atau sama pada pokoknya yang dimohonkan pendaftaran oleh orang lain untuk barang dan jasa yang sejenis; dan
  • Dasar dalam mencegah orang lain untuk menggunakan merek atau merek dagang yang sama persis atau sama pada pokoknua dalam peredaran untuk barang dan jasa sejenisnya.

Mendaftarkan merek

Pentingnya Mendaftarkan Merek

Setelah kita membahas mengenai pentingnya mendaftarkan merek, selanjutnya kita akan membahas mengenai mendaftarkan merek.

Cara mengajukan permohonan pendaftaran merek, yakni:

  • Buka laman merek.dgip.go.id dan klik “Daftar”;
  • Isi semua kolom yang tersedia;
  • Buka email yang telah dimasukkan sebelumnya;
  • Cek pesan verifikasi pada email yang telah didaftarkan dan klik “Aktivasi Akun” yang ada pada email tersebut;
  • Setelah akun diaktivasi, login menggunakan nama dan kata sandi yang sudah ditentukan;
  • Lalu pilih “Permohonan Online” kemudian “Tambah”;
  • Isi data yang diminta untuk pemesanan kode billing;
  • Lakukan pembayaran;
  • Lalu isi seluruh data yang diminta. Klik “Simpan dan Lanjutkan” untuk menyelesaikan seluruh formulir;
  • Unggah lampiran yang dibutuhkan, seperti label merek dan tanda tangan digital pemohon;
  • Untuk usaha mikro dan usaha kecil (UMK), harus melampirkan surat rekomendasi UKM Binaan atau surat keterangan UKM Binaan Dinas yang asli dan surat pernyataan UMK bermeterai;
  • Jika semua data sudah benar, klik “Selesai” dan pilih “Ya” untuk pernyataan bahwa data yang diisi adalah benar.

Bagi Kamu Yang Memiliki Kebutuhan Seputar HKI, Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Konsultan HKI Kami Sekarang Juga! Silahkan Klik Whatsapp Di Bawah Ini! (Gratis)

Tahapan Pengembangan Merek

Nah, setelah kita membahas mengenai pentingnya mendaftarkan merek, berikutnya kita akan membahas mengenai tahapan pengemabangan merek.

Sebuah merek dagang biasanya melalui beberapa tahapan perkembangan, khususnya tahapan pengembangan merek sebagai berikut.

1. Produk Tidak Bermerek – Pentingnya Mendaftarkan Merek

Tahap pertama dalam pentingnya mendaftarkan merek adalah produk tidak bermerek. Produk dikelola sebagai barang dan produk yang bisa diperdagangkan sehingga tidak memerlukan branding. Kondisi seperti inilaha yang sangat menguntungkan jika permintaan lebih besar daripada penawarannya, dan yang sangat sering terjadi dalam situasi seperti ekonomi monipoli. Misalnya beras murah, obat, generik, BBM, dan masih banyak yang lainnya.

2. Merek Sebagai Referensi

Dan pada tahap ini, ada beberapa persaingan, meskipun tingkatannya atau levelnya tidak terlalu ketat. Persaingan inilah yang mendorong produsen dalam membedakan produknya.

Tujuannya supaya produk yang dihasilkan diperusahaan tersebut berbeda sengan produk milik perusahaan yang lain. Misalnya sepatu kerja, sepatu kets, buku sketsa, buku catatan, dan masih banyak yang lainnya.

3. Merek Sebagai Kepribadian – Pentingnya Mendaftarkan Merek

Tahap berikutnya dalam pentingnya mendaftarkan merek adalah merek sebagai kepribadian. pada titik ini membedakan merek berdasarkan fungsional menjadi sangat sulit, dan semakin silit untuk kita lakukan. Karena Sebagian besar perusahaan yang melakukan kegiatan yang sama.

Dalam membedakan anta produk manufaktur dari produk pesaing, perusahaan menambahkan nilai kepribadian pada setiap merek. Misalua sabun bayi, sabun mandi Kesehatan, dan lain sebagainya.

4. Merek Sebagai Ikon

Tahap selanjutnya dalam pentingnya mendaftarkan merek adalah milik pelanggan. Pelanggan mempunyai pengetahuan yang lebih dalam terkait merek yang mereka pakai.

Secara umum, merek yang memasuki kedalam tahap ini sudah bersifat internasional dan pelanggan yang menggunakan merek atau merek dagang ini bisa mengekspresikan identitasnya atau mengekspresikan diri, contohnya adalah Rokok Marlboro.

Bagi Kamu Yang Memiliki Kebutuhan Seputar HKI, Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Konsultan HKI Kami Sekarang Juga! Silahkan Klik Whatsapp Di Bawah Ini! (Gratis)

5. Merek Sebagai Perusahaan – Pentingnya Mendaftarkan Merek

Periklanan pada tahap ini yang memiliki identitas atau tanda yang lebih bersifat interaktif dan sangat kompleks, sehingga pelanggan bisa dengan sangat mudah menghubungi merek atau merek dagang tersebut.

Karena merek purusahaan adalah perwakilan dari perusahaan sehingga merek atau merek dagang sama dengan perusahaan. Seluruh manajer dan karyawan mempunyai persepsi yang sam tentang merek mereka.

Komunikasi diluar perusahaan sudah terintegrasi keseluruh lini operasional, sehingga informasi mengalir dengan sangat lancar dari manajemen ke pelanggan dan baliknya.

Contohnya adalah perangkat lunak Microsoft, yang mana pelanggan bisa berkomunikasi secara langsung kapan saja dengan melalui internet dengan perusahaan, dan sebaliknya, perusahaan bisa memberi tahu pelanggan terkait produknya kapam saja.

6. Merek Sebagai Kebijakan Moral

Tahap yang terakhir dalam pentingnya mendaftarkan merek adalah merek sebagai kebijakan moral. Seperti sekarang ini hanya sedikit perusahaan yang berada pada tahap ini, yaitu perusahaan yang sudah menjalankan bisnisnya secara transparan mudak dari baku yang dipakai, transportasi dan proses produksi, hingga sampai produk, layanan dan juga purna jurnal.

Jasa pelanggan informasi dikomunikasikan dengan cara yang terbuka atau transparan, tidak ambigu dan juga tidak ada yang disembunyikan dari sudat pandang moral bisnis, politik atau sosial. Contohnya adalah iklan The Body Shop dan Benetton.

Fungsi Merek

Pentingnya Mendaftarkan Merek

pembahasan selajutnya setelah kita mengetahui pentingnya mendaftarkan merek, kurang rasanya jika kita tidak membahas mengenai fungsinya.

Merek atau merek dagang berfungsi untuk memberikan identitas untuk barang atau jasa dan juga fungsi untuk memastikan kombinasi bagi konsumen dan kualitas artikel.

Merek atau merek dagang juga bertindak sebagai rekrutmen barang atau dikombinasukan yang diproduksi oleh orang hukum atau seseorang dengan layanan dan produk yang dilakukan oleh seseorang atau entitas moral lainnya.

Berikut ini beberapa fungsi merek.

1. Fungsi Indikator Daya – Pentingnya Mendaftarkan Merek

Tanda-tanda digunakan untuk menunjukkan bahwa suatu produk legal dari unit bisnis dan juga berfungsi untuk memberikan tanda bahwa produk ini dilakukan secara profesional.

2. Fungsi Indikator Kualitas

Merek merupakan jaminan kualitas, terutama untuk produk yang mempunyai reputasi baik.

3. Fungsi Saran – Pentingnya Mendaftarkan Merek

Merek memberikan kesan bahwa ia akan menjadi kolektor produk.

Bagi Kamu Yang Memiliki Kebutuhan Seputar HKI, Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Konsultan HKI Kami Sekarang Juga! Silahkan Klik Whatsapp Di Bawah Ini! (Gratis)

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan yang bisa kami sampaikan terkait pentingnya mendaftarkan merek, semoga dengan adanya artikel pentingnya mendaftarkan merek bisa berguna dan bermanfaat. Terimakasih!

Tinggalkan komentar