Cara Membuat Akun Google Scholar

No Comments

Nah, untuk anda yang sedang sibuk mencari cara membuat akun google scholar untuk jurnal Indonesia, karena untuk mengerjakan tugas kualh ataupun tugas skripsi.

Google scholar adalah laman jurnal internasional yang terdapat banyak sekali publisher yang mempublikasikan sebuah karya tulis.

Khusus buat anda yang sedang membutuhkan sumber referensi tentang karya tulis, langsung saja and acari di google scholar dan cari yang sesuai kebutuhan anda dan semuanya gratis.

Apa Itu Google Scholar?

Cara Membuat Akun Google Scholar

Google Scholar adalah fitur Google yang menyediakan layanan pendidikan dan membantu pengguna menemukan jurnal dan publikasi ilmiah dari berbagai rumpun ilmu.

Tidak heran Google Scholar atau Google Cendekia begitu populer dan menempati peringkat bersama database jurnal ilmiah lainnya. Koleksinya terbilang lengkap dan didominasi oleh jurnal berbahasa Indonesia, tergantung pengaturan bahasa di Google.

Sistem atau cara kerja fitur ini sama seperti Google sebagai mesin pencari. Pengguna Google Cendekia atau google scholar cukup memasukkan kata kunci atau keyword dari publikasi ilmiah yang ingin di akses.

Selanjutnya, sistem Google Scholar akan mencari publikasi ilmiah yang terkait dengan kata kunci tersebut. Setelah beberapa detik, hasil pencarian akan ditampilkan di halaman beranda, yang dapat mencapai beberapa halaman. Salah satu halaman memiliki sekitar 10 hasil pencarian.

Bagi mahasiswa dan siswa tentunya hanya dengan menggunakan Google Scholar atau google cendekia untuk mencari sumber referensi ilmiah. Namun lain cerita bagi guru dan dosen yang disarankan untuk mempelajari cara mendaftar Google Cendekia.

Dengan cara ini mereka dapat mendukung karya mereka yang diterbitkan dikenal lebih banyak orang. Proses membuat akun atau mendaftar ke Google Cendekia sederhana dan memakan waktu sekitar 10 menit. Modalnya hanya alamat email dan tentunya kuota internet.

Cara Menggunakan Google Scholar

Pertama-tama admin akan bagikan cara menggunakan google scolar.

Masukan kata kunci di browser scholar.google.com, kemudian anda hanya tinggal memasukan kata kunci artikel yang akan dicari.

Kemudian Anda akan menemukan beberapa hasil dari apa yang Anda cari sebelumnya. Sistemnya hampir sama dengan Google.

Tetapi scholar hampir seperti buku atau jurnal dengan ribuan kata.

Fitur Ini sangat berguna jika Anda kehilangan referensi untuk tugas akhir Anda atau makalah yang sedang Anda kerjakan.

Persiapan Sebelum Mendaftar Google Scholar

Sebelum membuat akun Google Cendekia, ada baiknya Anda memiliki email yang terverifikasi dengan ekstensi ac.id, or.id, atau org. Ini adalah kondisi utama yang tidak dapat dinegosiasikan.

Anda tidak dapat membuat email sendiri seperti Gmail, tetapi Anda harus meminta kepada instansi Anda untuk membuatnya.

Cara Membuat Akun Google Scholar

Cara Membuat Akun Google Scholar

Profil google cendekia merupakan fitur untuk para penulis, peneliti, bahkan sampai akdemisi wajib memiliki akun google cendekia

Fitur lain dari akun Google Cendekia adalah meningkatkan indeks kutipan publikasi penelitian, dan fitur lain dari fitur ini adalah mengumpulkan artikel ilmiah yang Anda buat dan publikasikan secara online dari berbagai sumber sekaligus.

Artinya jika Anda seorang penulis atau peneliti, hasil tulisan Anda yang dipublikasikan dan dirujuk oleh penulis lain akan tercatat di profil Google Cendekia Anda.

Anda dapat melihat jumlah kutipan yang mempengaruhi hasil tulisan Anda. Anda akan sangat bangga jika karya Anda menjadi referensi penulis lain.

Membuat akun di Google Cendekia sangat mudah, asalkan Anda memiliki akun gmail. Berikut langkah-langkah cara membuat akun Google Cendekia:

1. Menyiapkan Email Pribadi

Langkah pertama dalam Cara Membuat Akun Google Scholar adalah menyiapkan alamat email. Disarankan agar dosen dan guru menggunakan alamat email pribadi dengan domain khusus.

Anda dapat menggunakan alamat email yang diberikan oleh sekolah atau perguruan tinggi tempat Anda mengajar. Jadi memiliki alamat email resmi yang diberi akhiran .ac.id, .org dan .com.

Mengapa ini penting? Tujuannya untuk mempermudah meyakinkan sistem di Google Scholar bahwa pengguna adalah seorang sarjana. Artinya, pendidik di sekolah atau universitas resmi suatu negara.

2. Buka Situs Google Scholar

Cara Membuat Akun Google Scholar

Langkah kedua dalam Cara Membuat Akun Google Scholar adalah dengan membuka website Google Cendekia itu sendiri yaitu pada halaman https://scholar.google.com/. Kemudian tunggu hingga browser membuka seluruh tampilan Google Cendekia.

Google Scholar dapat diakses di negara manapun di dunia, jika dibuka di Indonesia maka akan muncul nama Google Scholar. Jadi jika tampilan beranda bukan Google Cendekia, tidak perlu bingung.

Setelah itu, klik tombol “Profil Saya” yang terletak pada bagian pojok kiri atas untuk melanjutkan ke langkah selanjutnya.

3. Mengisi Identitas Diri

Jika Anda mengkliknya, Google Scholar akan menampilkan tiga menu di sudut kiri atas. Yaitu menu “Profil”, “Artikel” dan “Pengaturan”. Silahkan masuk ke menu profile anda terlebih dahulu untuk mengisi profile anda.

Ada lima kolom data yang harus diisi. Mencakup nama pengguna atau nama pendaftar, nama instansi (kampus maupun sekolah)bidang keilmuan, alamat email, dan juga alamat website. Khusus untuk alamt website tidak diwajibkan sehingga dapat dilewati.

4. Pengaturan Halaman Publikasi

Cara Membuat Akun Google Scholar

Tahap selanjutnya dalam Cara Membuat Akun Google Scholar adalah dengan melakukan pengaturan di laman publikasi. Setelah pendaftaran profil telah selesai dilakukan maka anda dapat masuk ke dalam menu kedua, yakni menu artikel.

Nanti Anda dapat mencari manifes untuk membuat akun publik. Silakan periksa menu Jadikan profil saya publik. Tujuannya adalah agar semua karya yang dipublikasikan di Google Cendekia dan media lain dapat diakses oleh semua orang.

5. Melengkapi Profil Google Scholar

Langkah terakhir dalam Cara Membuat Akun Google Scholar adalah dengan melengkapi profil. Setelah halaman penerbitan disiapkan, sistem dalam Google Cendekia akan secara otomatis mengarahkan pengguna ke halaman profil.

Pada tahap ini, pengguna dapat mengunggah foto profil yang terlihat profesional karena foto anda akan dilihat oleh publik. Unggah juga foto sebagai latar belakang profil atau foto sampul Anda.

Nah, setalah anda mengetahu Cara Membuat Akun Google Scholar, ada baiknya jika kita mengetahui tentang bagaimana Cara Mencari Jurnal Internasional di Google Scholar

Kesimpulan

Nah, mungkin itu saja yang dapat kami sampaikan terkait bagaimana Cara Membuat Akun Google Scholar dengan cepat. semoga dapat bermanfaat dan berguna bagi teman-teman. Terimakasih!

Penulis blog website Syntax Corporation Indonesia yang tertarik dengan dunia pendidikan

Request a free quote

We offer professional SEO services that help websites increase their organic search score drastically in order to compete for the highest rankings even when it comes to highly competitive keywords.

Subscribe to our newsletter!

More from our blog

See all posts
No Comments

Leave a Comment