Cara Mendapatkan Akreditasi Ban Pt

No Comments

Masih dalam pembahasan BAN-PT, kali ini admin akan memberikan sebuah cara mendapatkan akreditasi ban pt untuk CPNS.

Pada momen tertentu, alumni sebuah perguruan tinggi pasti butuh sertifikat akreditasi dari BAN-PT. Apalagi alumni tersebut sedang atau akan mengikuti CPNS untuk menjadi seorang PNS (Pegawai Negeri Sipil).

Dan salah satu syaratnya adalah melampirkan dokumen hasil sertifikasi dari BAN-PT. Yang didalamnya akreditasi kampus dan juga akreditasi jurusan, karena instansi pemerintah mengharuskan calon pegawainya berasal dari universitas yang akreditasinya minimal B.

Cara Mendapatkan Sertifikat Akreditasi BAN PT

cara mendapatkan akreditasi ban pt
sumber : sevima

Melihat sekarang teknologi semakin maju dan terus berkembang dengan pesat, kebutuhan sertifikat akreditasi bisa Anda dapatkan dengan lebih mudah. Yaitu bisa secara online, dengan mengakses situs resmi milik universitas tempat Anda dulu kuliah.

Tingginya permintaan sertifikat akreditasi BAN-PT membuat setiap universitas menguploadnya dalam web resmi. Sehingga memudahkan Anda yang sudah lulus untuk mendapatkan sertifikat tersebut tanpa perlu datang langsung ke kampus.

Ingin Mendirikan Perguruan Tinggi Sendiri? Bisa kok. Silakan Konsultasi Sekarang (gratis)

Tapi bagaimana cara mendapatkan sertifikat akreditasi ban pt? Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka Website Universitas Anda

Langkah pertama adalah mengakses atau membuka website resmi dari universitas tempat Anda kuliah dulu.

Cukup mengetik nama lengkap dari kampus tersebut pada kolom pencarian dan tekan enter.

2. Cari Menu Akreditasi

Setelah berhasil membuka websitenya, maka langkah selanjutnya adalah mencari menu akreditasi. Kebanyakan universitas menempatkan menu ini pada bagian atas dalam submenu, tapi ada juga yang disamping.

3. Mencari Dokumen Sertifikat yang Anda butuhkan

Setelah menu akreditasi terbuka, maka akan memunculkan data atau dalam bentuk daftar. Silahkan cari sertifikat akreditasi dari jurusan yang Anda butuhkan.

Bisa juga memakai kolom pencarian jika pihak universitas menyediakannya. Bisa jadi sertifikat yang Anda butuhkan adalah sertifikat akreditasi BAN-PT terbaru, namun bisa juga tahun lulus.

4. Download Dokumen Sertifikat Akreditasi

Supaya gambar dari sertifikat ini muncul dan klik saja download.

Apabila belum keluar, maka bisa hubungi pihak kampus dan kebetulan lokasinya dekat maka bisa datang langsung. Cara selanjutnya untuk mendapatkan sertifikat akreditasi BAN-PT adalah dengan mengakses situs resmi BAN-PT, yaitu di banpt.or.id.

Anda bisa juga untuk mendapatkan sertifikat akreditasi secara online adalah mengetik nama kampus dan jurusan serta kata akreditasi pada bagian depan. Misalnya: “akreditasi jurusan ilmu gizi universitas gadjah mada”.

Oleh mesin pencari seperti google nantinya akan menampilkan berbagai website yang masih berhubungan dengan kata kunci tersebut. Silahkan pilih situs dari universita maupun dari BAN-PT.

Secara umum pada masa CPNS, setiap universitas akan memberi fasilitas untuk mengunduh sertifikat akreditasi BAN-PT secara online. Sehingga Dapat kita pastikan situs resmi universitas menjadi tempat terbaik untuk Anda tuju.

Namun jika belum tersedia, maka bisa mencoba opsi lain seperti yang sudah admin jelaskan tadi. Kebutuhan sertifikat akreditasi BAN-PT sebenarnya tidak hanya untuk CPNS saja, bisa juga untuk melamar kerja dan melengkapi dokumen pengajuan beasiswa.

ARTIKEL TERKAIT : “Cara Mengecek Akreditasi BAN-PT”

Tujuan dan Manfaat Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi

BAN-PT adalah lembaga yang punya kewenangan untuk mengevaluasi dan menilai dan menetapkan status dan peringkat mutu institusi perguruan tinggi berdasarkan standar mutu yang telah ditetapkan. Apa Tujuan dan manfaat akreditasi institusi perguruan tinggi? Berikut penjelasannya.

Memberikan jaminan bahwa institusi perguruan tinggi yang terakreditasi telah memenuhi standar mutu yang ditetapkan oleh BAN-PT, sehingga mampu memberikan perlindungan bagi masyarakat dari penyelenggara perguruan tinggi yang tidak memenuhi standar.

Mendorong perguruan tinggi untuk terus menerus melakukan perbaikan dan mempertahankan mutu yang tinggi.

Hasil akreditasi bisa Anda manfaatkan sebagai dasar pertimbangan dalam transfer kredit perguruan tinggi, pemberian bantuan dan alokasi dana, serta pengakuan dari badan atau instansi lain.

Demikianlah pembahasan cara mendapatkan akreditasi ban pt, apabila Anda ada pertanyaan seputar ini silahkan tulis pada kolom komentar. Terimakasih

Ingin Mendirikan Perguruan Tinggi Sendiri? Bisa kok. Silakan Konsultasi Sekarang (gratis)

Referensi : duniadosen.com & sevima.com

Penulis blog website Syntax Corporation Indonesia yang tertarik dengan dunia pendidikan

Request a free quote

We offer professional SEO services that help websites increase their organic search score drastically in order to compete for the highest rankings even when it comes to highly competitive keywords.

Subscribe to our newsletter!

More from our blog

See all posts
No Comments

Leave a Comment