Cara Mengurangi Similarity Turnitin

No Comments

Bagaimana cara mengurangi similarity turnitin di hp maupun di laptop dengan cepat? Mudah kok caranya, silahkan baca artikel ini sampai habis ya.

Bagi mahasiswa yang sedang mempersiapkan tugas akhir atau hanya sekedar tugas kuliah, tentunya membutuhkan literatur lain sebagai referensi.

Biasanya, menulis hanya satu halaman membutuhkan puluhan referensi. Bahkan, sebagian siswa berpendapat bahwa semakin banyak referensi, semakin baik kualitas karya tulisnya.

Tunggu sebentar. Nah, banyak referensi yang bisa “membawa” masalah baru dalam penulisan ilmiah, lho! Mungkin Anda bahkan belum paham bahwa kebanyakan kampus sudah menggunakan Turnitin.

Pada dasarnya, Turnitin digunakan untuk mengetahui persentase kemiripan (similarity) antara karya ilmiah Anda dengan karya ilmiah lainnya.

Bagi Anda yang sedang atau sedang merencanakan untuk menulis tugas akhir (tesis, esai, atau esai), Anda membutuhkan solusi terbaik untuk meminimalkan persentase kesamaan pada Turnitin.

Anda dapat menggunakan berbagai metode untuk melakukan cara mengurangi similarity turnitin, seperti menulis daftar pusat dari awal, menggunakan kutipan, parafrase, atau penjelasan.

Di antara banyak solusi, parafrase adalah metode terbaik, dan sering dipilih.

Pada dasarnya, parafrase ditulis ulang dengan gaya atau struktur kalimat yang berbeda dari sumber referensi tanpa mengubah substansi, tetapi tetap termasuk dalam kutipan.

Selain itu, parafrase relatif mudah, karena cara mengurangi similarity turnitin tidak sesulit dari yang dikira.

Cara Mengurangi Similarity Turnitin Dengan Cepat

cara mengurangi similarity turnitin
cara mengurangi similarity turnitin

Bagi yang bingung cara mengurangi atau menurunkan similarity turnitin, tidak perlu bingung. Kami menyediakan panduan dan bahkan contoh sehingga Anda dapat menyelesaikannya sendiri-atau Anda masih dapat mengirim pesan kepada kami.

Di sini, kami telah menuliskan empat metode untuk mengurangi kesamaan Turnitin, kami sering menggunakan metode ini untuk mengurangi skor/persentase kesamaan Turnitin dari 89% menjadi 9%.

Berikut cara mengurangi similarity turnitin yang bisa Anda gunakan:

  1. Baca kembali teks yang Anda gunakan sebagai referensi sampai Anda benar-benar memahami makna dan substansinya.
  2. Harap tulis ulang teks sesuai dengan gaya atau pemahaman Anda tanpa merusak esensi teks referensi.
  3. Sediakan KBBI dan tesaurus untuk memudahkan Anda menemukan berbagai kosakata dan padanan kata (sinonim).
  4. Fokus pada kata atau kalimat yang disorot. Dokumen atau file yang diperiksa dengan Turnitin akan menyorot kata atau kalimat yang dijiplak.
  5. Ubah struktur kalimat aktif-pasif atau pasif.

Begini contoh cara mengurangi similarity turnitin, “Berdasarkan penjelasan Afriza Y. Ardias, sastra adalah segala hal yang berkenaan dengan hidup manusia”.

Kalimat tersebut strukturnya bisa kamu ganti jadi, “Afriza Y. Ardias menjelaskan jika sastra memuat segala hal yang bersinggungan dengan manusia”.

Contoh lainnya untuk cara mengurangi similarity turnitin, “Dunia berisikan manusia yang memiliki banyak harapan.” Jika diubah strukturnya, menjadi, “Di dunia, banyak harapan yang dimiliki manusia.”

Bagaimana, sudah memahami cara mengurangi / menurunkan plagiasi turnitin? Jika belum paham silahkan simak penjelasan selanjutnya dari saya.

Sebelum ke cara menurunkan turnitin dengan cepat, kamu juga bisa simak jasa kami ya.

Layanan Parafrase Turnitin (Manual)

Parafrase adalah metode menulis ulang suatu konsep atau kalimat dengan gaya bahasa yang berbeda dari aslinya namun tetap mempertahankan subtansi atau tidak mengubah maknanya.

Kami Melayani jasa parafrase untuk menurunkan plagiasi Turnitin dengan kualitas terbaik, cepat, aman dan tuntas.

Tidak ada kecurangan dan penipuan, karena kami mempunyai sistem pengerjaan terlebih dahulu jikalau sudah selesai baru melakukan pembayaran.

Kami juga mempunya puluhan akademisi dan profesional yang berpengalaman di bidang linguistik parafrase.

Kami melayani jasa parafrase skripsi, tesis, disertasi, atau jurnal secara online atau offline di berbagai kota di Indonesia seperti Bandung, Surabaya, Makassar, Jogja, Jakarta, Medan, dan kota-kota lainnya.

Tertarik dengan jasa parafrase kami? Silahkan klik link Whatsapp dibawah ya.

Cara Mengurangi / Menurunankan Plagiasi Turnitin Menggunakan Teknik Parafrase

cara mengurangi similarity turnitin

Cara mengurangi atau menurunkan similarity turnitin ternyata cukup mudah untuk dilakukan.

Interpretasi adalah istilah linguistik yang berarti mengulangi suatu konsep dengan cara lain dalam bahasa yang sama tanpa mengubah maknanya.

Parafrase memungkinkan penulis untuk memiliki penekanan yang sedikit berbeda pada penulis asli. Definisi istilah berasal dari definisi bahasa Inggris, dari definisi Latin, dan dari paraphrase Yunani, yang berarti “ekspresi ekstra”.

Parafrase adalah cara meminjam ide/gagasan dari sumber tanpa menjiplak. Menurut Oxford Advanced Lean Dictionary.

Definisi tersebut adalah “suatu cara untuk mengungkapkan apa yang telah ditulis dan dikatakan orang lain, menggunakan kata-kata yang berbeda untuk membuatnya lebih mudah dipahami.”

Dengan kata lain, parafrase adalah sejenis kutipan, mengungkapkan ide yang sama dengan kata-kata Anda sendiri.

Selain membuat ide lebih mudah dipahami, parafrase juga dapat digunakan untuk menjaga kesinambungan dan konsistensi proses penulisan.

Ini bisa menjadi solusi yang baik untuk cara menurunkan plagiasi turnitin dengan mudah dan cepat.

Menurut OWL purdue, definisinya adalah sebagai berikut:

  1. Kemampuan seseorang untuk menulis ulang pemikiran atau ide orang lain dengan kata-katanya sendiri dan menyajikannya dalam bentuk baru,
  2. Ini adalah cara legal dan legal untuk meminjam ide orang lain,
  3. Penyajian kembali yang lebih lengkap dan rinci daripada abstrak.

Parafrase adalah keterampilan yang sangat berharga karena:

  1. Parafrase lebih baik daripada mengutip informasi dalam paragraf atau teks yang kurang menonjol.
  2. Interpretasi membantu penulis mengendalikan godaan untuk mengutip terlalu sering.
  3. Proses psikologis yang diperlukan untuk sebuah kata pengantar yang berhasil membantu penulis memahami sepenuhnya makna dari teks sumber yang akan dia adaptasi.

Setiap penulis memiliki dan mengembangkan keterampilannya sendiri untuk mengembangkan keahliannya dalam interpretasi.

Teknologi ini unik. Untuk penulis pemula, ia perlu belajar dan mengembangkan keterampilan parafrase.

Jika Anda tidak terbiasa dengan menceritakan kembali, berikut adalah 6 langkah menceritakan kembali yang efektif, disediakan oleh panduan OWL Universitas Purdue:

  1. Baca kembali teks aslinya sampai Anda memahami isi teks aslinya dengan benar
  2. Hapus teks/manuskrip asli dan tulis ulang ide-ide dalam teks di selembar kertas.
  3. Buat daftar beberapa kata di bawah definisi Anda untuk mengingatkan Anda bagaimana Anda memahami teks aslinya. Di bagian atas kartu catatan, tulis kata kunci yang menunjukkan tema atau subjek parafrase Anda.
  4. Bandingkan interpretasi Anda dengan teks asli dan periksa apakah semua ide, terutama ide-ide penting, termasuk dalam hasil interpretasi.
  5. Gunakan tanda kutip ganda untuk mengidentifikasi istilah, istilah, atau frasa khusus yang Anda pinjam dari teks asli, dan menurut Anda sama persis dengan teks aslinya.
  6. Catat sumbernya (termasuk halaman) di notepad sehingga Anda dapat menuliskan daftar pustaka atau bahan referensi dengan lebih mudah, jika Anda bermaksud mengambil parafrase.

Jika Anda masih kesulitan dalam menceritakan kembali, mulailah berlatih pada tingkat yang paling sederhana, yaitu menceritakan kembali tingkat kalimat.

Jika Anda menceritakan kembali kalimat dengan cukup baik, ulangi satu paragraf. Berikut ini cara mengurangi similarity turnitin dengan contoh parafrase tingkat kalimat:

Tertarik dengan jasa parafrase turnitin kami? Silahkan klik link Whatsapp dibawah ya.

Contoh 1 Teknik Parafrase Turnitin (cara menurunkan plagiasi turnitin)

cara mengurangi similarity turnitin
cara mengurangi similarity turnitin

kalimat asli : Sebuah kejutan di bidang realita maya (virtual reality) terjadi pada tahun 1961 dengan kemunculan Sensoramanya Heilig.
Parafrase : Hasil karya Heillig yang dikenal dengan nama Sensorama membawa perubahan yang signifikan dalam sejarah realita maya (krisnawati, 2000, hlm 55).

Bagaimana? sangat mudahkan cara menurunkan turnitin dengan cepat ini? belum paham? silahkan ke tekhnik ke 2.

Contoh 2 Teknik Parafrase Turnitin (cara mengurangi plagiasi)

kalimat asli : Komputer mampu membawa orang ke tempat-tempat yang belum pernah bisa mereka kunjungi sebelumnya, termasuk ke permukaan planet lain.
Parafrase : Melalui komputer, orang dapat pergi ke tempat yang belum pernah mereka kenal. (Krisnawati, 2000, hlm 57).

Sebagai pemula, parafrase diatas masih diijinkan. Namun jika kalian telah belajar dan memiliki keahlian melakukan parafrase, baik Booth maupun panduan dari OWL universitas Purdue menjelaskan bahwa parafrase yang sangat mirip dengan naskah aslinya masih dianggap sebagai melakukan plagiasi, sekalipun sumber aslinya dicantumkan disana. Ini merupakan hal yang sangat pelik dan memerlukan banyak latihan.

Sebagai contoh simaklah contoh 3 & 4 yang merupakan terjemahan dari contoh yang diberikan oleh Booth dan naskah panduan penulisan OWL Purdue.

Belum puas juga dengan cara menurunkan turnitin dengan cepat tadi? cek cara yang ketiga.

Tertarik dengan jasa parafrase turnitin kami? Silahkan klik link Whatsapp dibawah ya.

Class Id Turnitin Gratis 2021

Contoh 3 Teknik Parafrase Turnitin (cara menurunkan plagiasi)

cara mengurangi similarity turnitin
cara mengurangi similarity turnitin

Naskah Asli:
Sangatlah pelik untuk mendefinisikan plagiasi saat kalian melakukan ringkasan atau parafrase. Keduanya memang berbeda, tetapi batas-batas parafrase dan ringkasan sangatlah tipis sehingga kalian tidak menyadari jika kalian berpindah dari melakukan parafrase menjadi meringkas, kemudian berpindah ke malakukan plagiasi. Apapun tujuanmu, parafrase yang sangat mirip dengan naskah asli dianggap sebagai melakukan plagiasi, meskipun kalian telah menuliskan sumbernya (Booth et al., 2005, hlm 203).

Paragraf dibawah ini dianggap hasil plagiasi karena parafrase yang sangat mirip dengan naskah aslinya:

Sangatlah sulit untuk mendefinisikan plagiasi saat ringkasan dan parafrase terlibat didalamnya, karena meskipun mereka berbeda, batas-batas keduanya sangatlah samar, dan seorang penulis mungkin tidak mengetahui kapan ia melakukan ringkasan, parafrase atau plagiasi. Meski demikian, parafrase yang sangat dekat dengan sumbernya diperhitungkan sebagai hasil plagiasi, meskipun sumber aslinya dicantumkan disana.

Contoh berikutnya menunjukkan parafrase yang berada diperbatasan antara plagiasi dan yang diijinkan:

Sangatlah sulit untuk membedakan antara ringkasan, parafrase dan plagiasi. Kalian berisiko melakukan plagiasi jika kalian melakukan parafrase yang sangat mirip, meskipun kalian tidak bermaksud untuk melakukan plagiasi dan mencantumkan sumber naskah aslinya.

Kata-kata dalam paragraf diatas masih dapat dilacak sumbernya oleh seorang pembaca yang teliti, jika ia pernah membaca sumber tersebut. Berikut ini adlah contoh parafrase yang aman dan tidak dianggap sebagai plagiasi:

Menuruth Booth, Colomb, dan Williams, penulis terkadang melakukan plagiasi tanpa mereka sadari karena mereka menggira melakukan ringkasan, saat mereka melakukan parafrase yang terlalu mirip dengan naskah asli, suatu aktifitas yang disebut plagiasi. Bahkan saat aktifitas tersebut dilakukan dengan tidak sengaja dan sumber pustakanyapun dituliskan.

Belum puas juga cara menurunkan turnitin dengan cepat tadi? silahkan ke teknik ke 4.

Tertarik dengan jasa parafrase turnitin kami? Silahkan klik link Whatsapp dibawah ya.

Contoh 4 Teknik Parafrase Turnitin (cara menurunkan plagiasi skripsi)

cara mengurangi similarity turnitin

Naskah Asli:

Mahasiswa sering berlebihan dalam menggunakan kutipan langsung saat membuat catatan, sebagai akibatnya mereka menggunakan kutipan yang berlebihan dalam tugas karya ilmiah (paper). Mungkin hanya sekitar 10% dari manuskrip akhir yang diperbolehkan muncul dalam bentuk kutipan langsung. Oleh sebab itu, kalian harus berusaha untuk membatasi jumlah penulisan yanag sama persis dengan materi sumber saat kallian menulis catatan. Lester, James D. Writing Research papers. 2nd ed. (1976): 46-47.

Parafrase yang legal:
Dalam paper ilmiah, mahasiswa sering mengutip berlebihan, dan gagal untuk mengubah materi yang dikutip ke level yang diinginkan. Karena masalahnya bersumber dari penulisan catatan, maka sangatlah penting untuk meminimalkan pencatatan materi atau kata per kata yang sama persis (Lester 46-47).

Parafrase versi plagiat:
Mahasiswa sering menggunakan terlalu banyak kutipan langsung saat mereka menulis catatan. Sebagai akibatnya, ada banyak kutipan langsung dalam paper tugas akhir mereka. Seharusnya hanya sekitar 10% paper berisi kutipan langsung. Dengan demikian, sangatlah penting untuk membatasi jumlah materi yang dikopi saat melakukan catatan.

Mungkin itu saja cara menurunkan turnitin dengan cepat yang bisa saya sampaikan, kurang lebihnya mohon maaf

Tertarik dengan jasa parafrase turnitin kami? Silahkan klik link Whatsapp dibawah ya.

Aplikasi menurunkan turnitin

Akhir Kata

Demikianlah cara mengurangi similarity Turnitin yang baik dan benar. Semoga bermanfaat ya dan saya (Aldo faisal umam) mengucapkan terimakasih sudah berkunjung.

Referensi : idtesis.com

Kata kunci terkait : cara menurunkan turnitin, cara menurunkan plagiarisme, cara menurunkan plagiasi turnitin, cara menurunkan turnitin dengan cepat, cara menurunkan plagiasi, aplikasi menurunkan turnitin, cara mengurangi turnitin, cara mengurangi similarity turnitin, parafrase turnitin, cara menurunkan plagiat skripsi, cara menurunkan plagiat skripsi, cara menghindari plagiarisme turnitin, cara mengatasi turnitin tinggi, cara mengatasi turnitin tinggi

BACA JUGA : “Cara Mengecek Turnitin Sendiri”

Penulis blog website Syntax Corporation Indonesia yang tertarik dengan dunia pendidikan

Request a free quote

We offer professional SEO services that help websites increase their organic search score drastically in order to compete for the highest rankings even when it comes to highly competitive keywords.

Subscribe to our newsletter!

More from our blog

See all posts
No Comments

Leave a Comment