Cara Publikasi Jurnal Internasional DOAJ

Cara Publikasi Jurnal Internasional DOAJ – Jurnal Internasional adalah jurnal hasil dan diterbitkan pada jurnal yang memenuhi persyaratan jurnal internasional dan dapat sesuai dengan orisinalitasnya.

Dengan kata lain, jurnal internasional berbeda dengan jurnal lainnya karena memiliki tingkat kerumitan yang lebih tinggi daripada jurnal nasional. Salah satu Jurnal Internasional yang dapat dengan mudah ditembus selain Scopus yaitu Directory of Open Access Journals (DOAJ).

Directory of Open Access Journals (DOAJ) https://doaj.org merupakan tempat menghimpun artikel dari jurnal yang open access dari seluruh dunia, artinya artikel-artikel di dalamnya dapat diakses secara bebas dan terbatas oleh pembaca, peneliti, dan siapa saja yang membutuhkan.

Cara Publikasi Jurnal Internasional DOAJ

Sejak diberlakukannya berbagai regulasi di bidang publikasi hasil penelitian, telah terjadi banyak perubahan dalam peningkatan kinerja dan produktivitas publikasi dosen dan peneliti Indonesia. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 92 Tahun 2014, yang mewajibkan akademisi yang pernah menjabat sebagai pimpinan fakultas untuk mempublikasikan karya ilmiah di jurnal internasional, serta guru besar dan guru besar di jurnal internasional bereputasi . Peraturan Presiden ISU No. 9 Tahun 2015 mewajibkan peneliti yang mencapai tingkat penelitian profesor untuk mempublikasikan karya ilmiah di jurnal internasional bereputasi. Surat Edaran Dirjen Dikti No. 152/E/T/2013 27 Januari 2012 yang mewajibkan mahasiswa doktoral untuk mempublikasikan karya ilmiahnya di jurnal internasional. Berbagai regulasi tersebut (Maryono dan Surajiman, 2017) telah berhasil mendorong kinerja publikasi yang dapat dilihat, baik publish DOAJ jurnal open access maupun di Scimago.

Baca Juga : Tempat Publish Jurnal

Bagi Kamu Yang Ingin Publikasi Jurnal DOAJ, Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim DOAJ Kami Sekarang Juga! Silahkan Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Bagi anda yang belum mengerti bagaimana cara mendapatkan artikel di DOAJ.

Berikut ini adalah tutorial untuk mendapatkan artikel di DOAJ:

Tahapan Pertama

Silahkan bisa kunjungi situs resminya DOAJ disini https://doaj.org

https://doaj.org

Tahap Kedua

Masukkan kata kunci untuk artikel yang Anda cari pada kolom yang tersedia. Misalnya, jika Anda ingin meningkatkan metode belajar untuk meningkatkan pembelajaran , kata kunci untuk masuk adalah; Metode Belajar. Seperti dicontohkan, awal masukkan “metode belajar” untuk kata kunci, kedua pilih title/judul lalu klik Search (warna hitam)

Cara Publikasi Jurnal Internasional DOAJ

Tahap Ketiga

Setelah muncul hasil pencarian seperti pada gambar di bawah ini, pilot artikel yang sesuai dennen tema penelitian yang akan di buat sebagai referensi. Setelah menemukan langsung klik saja.

Cara Publikasi Jurnal Internasional DOAJ

Akhirnya menemukan ada lebih 70 artikel di DOAJ yang berhubungan dengan kata Kunci metode belajar, lalu pilih satu yang paling sesuai dengan penelitian Anda. Misalnya, pilih Artikel #1 berjudul Pengaruh Metode Bermain terhadap hasil belajar senam lantai Roll Belakang pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Bengkulu klik judulnya, dan akan muncul menu seperti pada gambar di bawah ini:

  1. Nama jurnal, volume, nomor dan tahun terbit artikel
  2. Identitas Jurnal yang diterbitkan
  3. Kebijakan Jurnal dan Ketersediaan File
  4. Nama dan identitas penulis
  5. Kesimpulan untuk membaca, jika sesuai, lanjutkan unduh artikel
  6. Klik untuk mengunduh teks lengkap artikel

Setelah mengklik Read Online, Anda akan dibawa ke majalah yang menerbitkan artikel, seperti yang ditunjukkan pada gambar di langkah keempat.

Tahap Keempat

Unduh artikel di jurnal yang Anda terbitkan, dengan mengklik PDF di jurnal (setiap jurnal mungkin berbeda dalam menampilkan tautan unduhan PDF)

Setelah mengklik tombol pdf, Anda akan dibawa ke halaman download. Di halaman ini Anda dapat membaca dan mengunduh artikel ini.

Berikut ini adalah langkah-langkah Cara Publikasi Jurnal Internasional DOAJ maupun SCOPUS:

1. Memiliki artikel jurnal yang akan diterbitkan

Tahap pertama adalah karangan yang didasarkan pada hasil penelitian seseorang, memiliki standar internasional dan buku referensi yang dikenal, serta memiliki sumber referensi primer. Tentu saja, bagi mereka yang berbicara bahasa Inggris atau bahasa Perserikatan Bangsa-Bangsa di hasil pencarian.

Hal pertama yang harus juga dilakukan dalam penerbitan jurnal index DOAJ adalah memiliki karya ilmiah yang original kebaruannya (novelty). Dan anda juga harus menulis artikel ilmiah atau melakukan penelitian berdasarkan tinjauan pustaka.

Artikel asli berarti tidak boleh diambil dari milik orang lain. Jika jurnal yang Anda kirimkan adalah hasil plagiarisme atau terindikasi meniru, Anda akan menghadapi masalah besar, termasuk di-blacklist oleh banyak jurnal lokal dan asing.

2. Artikel Yang Sudah Diterjemahkan sesuai Author Guideline

Semua jurnal internasional harus menggunakan bahasa yang sesuai dengan aturan dan kebijakan berdasar PBB, salah satunya adalah bahasa Inggris atau bahasa lain, dan terjemahan ini tidak hanya diterjemahkan ke dalam bahasa tujuan tetapi juga terjemahan yang disesuaikan dengan konteks ilmiah, maksud dan tujuan artikel. Kebanyakan beberapa author menggunakan jasa Proof dan translate.

3. Anda memiliki Artikel yang berhubungan dengan kategori bidang ilmu

Referensi jurnal yang terindeks tentu sangat penting dalam memilih artikel yang relevan, dan situs yang direkomendasikan untuk pencarian jurnal internasional antara lain: DOAJ, Copernicus, SCOPUS, EBSCO, WOS Clarivate dan Proquest.

Silahkan bisa baca juga artikel terkait Cara Mencari Jurnal DOAJ.

Artikel yang di buat harus sesuai dengan format berlaku agar bisa di terima atau accepted.

4. Lihat Jurnal yang sesuai

Artikel yang disubmit disesuaikan dengan Format artikel yang telah disediakan pihak publisher, author bisa menyesuaikan dengan format yang berlaku dari penerbit jurnal internasional, hal-hal yang perlu Anda ketahui adalah sebagai berikut: Tabel, gambar, grafik, dan lainnya untuk meningkatkan peluang artikel Anda diterbitkan.

5. Cara Mengirimkan Jurnal Internasional

Saat ini banyak pengelola jurnal dengan sistem submisi yang berbeda-beda, salah satunya adalah Al-Makki Publisher yang memiliki penerbitan jurnal internasional diantaranya Journal of Social Science (JoSS) dan Jurnal Ekonomi Teknologi dan Bisnis (JETBIS), yang menerbitkan artikel jurnal internasional bulanan dengan bidang ilmu sosial dan multidisiplin.

Pilihannya adalah Jika artikel yang di submit diterima maka akan menerima Surat Tanda Terima atau LoA, selanjutnya Author melakukan pembayaran.

Baca juga Selengkapnya : Cara Mudah Mendapatkan LoA

Silahkan konsultasikan kebutuhan Publish Jurnal Internasional Anda pada kami.

6. Tunggu Proses Reviewnya

Naskah yang Sudah diterima pihak publisher, selanjutnya adalah langkah peer review, waktu pemrosesan reviewer biasanya 1 hingga terlama 8 bulan.

7. Proses Revisi Artikel

Reviewer akan memberikan masukan sesuai dengan rekomendasi dari peer reviewer. Hampir 90% ulasan penulis pemula adalah tentang bahasa. Kemudian dalam proses penerjemahan harap profesional oleh peneliti menggunakan jasa penerjemahan.

8. Publication Fee (Administrasi Keuangan)

Harga sendiri relatif tergantung dari penerbit atau publisher yang menetapkan harga, maka harga biasanya sebanding dengan kualitas proses dan hasil dari Artikel itu sendiri. Mulai dari publication fee $30 hingga $5000. Tergantung dari Quartilenya dan publisher jurnal DOAJ.

Masih Bindung juga gimana cara publish jurnal internasional bak Copernicus, DOAJ dan Scopus bisa konsultasikan kepada kami International Journal Labs. Tempat publish jurnal terpercaya dan jaminan publish.

4 Cara Publikasi Jurnal DOAJ Agar Cepat Terbit

Cara submit, upload jurnal, dan publikasikan karya ilmiah Anda di jurnal nasional sangatlah mudah. Bagi yang penasaran bagaimana cara mempublikasikan jurnal DOAJ, berikut langkah-langkahnya untuk Anda. Pastikan untuk mengikuti langkah-langkah ini secara runtut dan benar agar jurnal dapat terbit dengan benar dan cepat.

  1. Harus Memiliki karya Ilmiah Asli

Dalam metodologi penerbitan jurnal DOAJ, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memiliki karya ilmiah asli. Anda harus menulis artikel ilmiah atau melakukan penelitian berdasarkan tinjauan pustaka.

Originalitas naskah sangat berperan penting dalam menjaga kode Etik dan marwah penelitian.

  1. Harus Beradaptasi Dengan Template Penerbit

Author Wajib mengikuti guideline atau template yang telah disediakan oleh Publisher. Metode penerbitan jurnal DOAJ kedua adalah dengan menggunakan template penerbit untuk menyesuaikan naskah Anda.

Penting untuk mengikuti template di jurnal dan Anda harus memperhatikan siapa yang akan mengirimkannya. Biasanya setiap editor jurnal memiliki formatnya masing-masing, jadi Anda harus mengikutinya dengan benar.

Template ini biasanya menangani tata letak dari abstrak ke tubuh artikel. Semuanya telah diatur dengan baik menurut aturan yang telah ditetapkan oleh publisher. Secara umum, setiap jurnal memiliki format yang sedikit berbeda, jadi Anda tidak boleh menggeneralisasi.

  1. Kirimkan Naskah Anda ke Sesuai dengan Bidang Keilmuannya

Setiap jurnal memiliki spesifikasinya masing-masing. Serupa dengan jurnal DOAJ, ada juga jurnal yang berkaitan dengan ilmu-ilmu sosial, matematika, dan ilmu-ilmu lain yang lebih spesifik. Misalnya, jurnal yang didedikasikan untuk dosen praktisi Akuntansi atau spesialis lainnya.

Kemudian artikel yang telah sesuai template masih tertolak oleh editor. Untuk itu, sebaiknya pahami dulu kategori jurnal sebelum menulis tentangnya. Apakah Anda memasuki bidang ilmiah tertentu atau bidang ilmiah yang lebih spesifik?

  1. Topik yang di Angkat Harus Segar dan Terbarukan

Author wajib menerbitkan naskahnya dengan topik yang terkini, Terbaru atau memiliki Nilai novelty di dalamnya.

Jurnal/penerbit berharap besar dan mengedepankan kepada author yang telah submit dengan topik penelitian Terbaru maupun termini. Sehingga impact dari jurnal tersebut dapat dirasakan kualitasnya.

Silahkan konsultasikan Cara Publikasi Jurnal Internasional DOAJ:

Jurnal kami dari Al-Makki Publisher yaitu Jurnal of Social Science (JoSS) sudah berindex Internasional, silahkan kunjungi dan dapatkan Slotnya setara Sinta 3 Nilai angka Kreditnya 20.

Penawaran Eksklusif Jasa Pendampingan Publikasi Jurnal Index EBSCO dan DOAJ Pasti Terbit!

OKTOBER TERSISA 3 SLOT LAGI YAA.

Semoga artikel Cara Publikasi Jurnal Internasional DOAJ ini bermanfaat bagi para pembaca dan dapat menjadi referensi bagi karya jurnal internasional. Bagi yang akan membuat majalah nasional, baca juga artikel cara membuat majalah nasional dengan mudah.

Tinggalkan komentar