Akreditasi Perguruan Tinggi BAN-PT

No Comments

Kembali lagi dengan artikel akreditasi, akreditasi apa itu apa sih? Baiklah, nanti saya akan jelaskan. Saya coba ulas dalam pembahasan tulisan ini, bagi Anda mahasiwa atau calon mahasiswa harus mengetahui tentang akreditasi perguruan tinggi BAN-PT.

Ketika ingin kuliah di kampus terbaik, pasti anda bertanya tentang seputar kampus mana yang akreditasi terbaik.

Perguruan Tinggi memiliki mutu pendidikan yang baik di ukur dari peringkat Akreditasi nya. Perguruan Tinggi yang sudah di audit secara eksternal oleh BAN-PT, sehingga kompetensi mahasiswanya pun sesuai dengan standar pendidikan sudah tidak diragukan lagi kualitas dan mutu pendidikannya.
Sebagai syarat umum dalam melamar pekerjaan di institusi pemerintahan seperti pegawai negeri, perusahaan swasta, BUMN hingga multinasional sangat dibutuhkan terkait akreditasi Perguruan Tinggi dan program studi. Akreditasi itu merupakan bagian terpenting dari perguruan tinggi negeri (PTN) maupun perguruan tinggi swasta (PTS).

Bayangkan ada lima mahasiswa, dengan karir masa depan yang cerah sebagai pengacara, pustakawan, programmer, perawat, dan teknisi terbentang di depan mereka. Meskipun minat dan jalur karier mereka sangat berbeda, mereka semua memiliki satu pertanyaan penting untuk dijawab sebelum memilih program profesional mereka.

Apakah program pilihan mereka – bukan hanya perguruan tinggi atau universitas mereka – terakreditasi dengan baik? Untuk menjawab pertanyaan ini, setiap mahasiswa harus terlebih dahulu memahami perbedaan antara akreditasi institusi dan akreditasi program studi.

Sebelum adanya Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi atau disingkat BAN PT, akreditasi biasanya hanya berlaku untuk perguruan tinggi swasta. Pasal 52 Bab 11 UU Sisdiknas Tahun 1989 mengatur bahwa pemerintah melakukan pengawasan terhadap penyelenggaraan pendidikan yang diselenggarakan oleh pemerintah dan masyarakat dengan dalih memajukan perkembangan lembaga pendidikan.

Hanya akreditasi perguruan tinggi swasta yang menjadikan akreditasi sebagai pengakuan pemerintah atas keberadaan perguruan tinggi yang diselenggarakan masyarakat.

Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) merupakan satu-satunya badan akreditasi yang diberi wewenang oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia untuk meningkatkan mutu pendidikan tinggi, memperkenalkan dan mensosialisasikan “Paradigma manajemen pendidikan tinggi baru”. dan relevansi perguruan tinggi , Suasana akademik, manajemen sistem, efisiensi dan keberlanjutan.

BAN-PT mempunyai wewenang mencakup semua perguruan tinggi termasuk perguruan tinggi negeri (PTN), perguruan tinggi swasta (PTS), perguruan tinggi agama (PTA) dan perguruan tinggi kedinasan (PTK), program pendidikan jarak jauh; dan program yang bekerjasama dengan perguruan tinggi dalam negeri melaksanakan akreditasi. Institusi pendidikan yang disediakan oleh institusi pendidikan luar negeri (saat ini institusi pendidikan tinggi dari luar negeri tidak dapat beroperasi, secara legal, di Indonesia).

Berikut penjelasan akreditasi yang di audit secara eksternal oleh BAN-PT:

1. Akreditasi Perguruan Tinggi

Untuk akreditasi kelembagaan, perwakilan dari lembaga akreditasi khusus mengevaluasi perguruan tinggi. Ini adalah sarana bagi perguruan tinggi untuk menilai kinerja mereka sendiri dan membandingkan diri mereka dengan sekolah tinggi lain.

Jika perguruan tinggi diberikan akreditasi, berarti lembaga tersebut memenuhi standar kualitas pendidikan tertentu. Badan akreditasi nasional yang ada di indonesia adalah BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi).

Akreditasi kelembagaan belum tentu merupakan jaminan bahwa perguruan tinggi antar lembaga, meskipun itu membuatnya jauh lebih mungkin. Mahasiswa dapat memeriksa dengan program yang ingin mereka inginkan untuk melihat apakah sesuai kemampuan yang akan diterima. melaksanakan program yang terakreditasi juga membawa banyak manfaat lainnya. mahasiswa di organisasi yang terakreditasi secara kelembagaan memenuhi syarat untuk mendapatkan bantuan keuangan federal, dan pemberi kerja lebih mungkin untuk mengenali program gelar yang terakreditasi. Selain itu, setelah menjalani proses akreditasi berarti lembaga tersebut memenuhi standar kualitas pendidikan yang tinggi.

2. Akreditasi Program Studi

Jenis akreditasi kedua, akreditasi program studi/jurusan, ada beberapa yang dikelola oleh badan akreditasi khusus yang berorientasi profesional. Idenya adalah bahwa para profesional di bidang yang diberikan paling mampu menilai kualitas pendidikan suatu program. Misalnya, sekolah kesehatan diakreditasi oleh LAM-Ptkes yang mencakup seperti keperawatan, kedokteran gigi, dan kebidanan – dicakup oleh lembaga khusus mereka sendiri. Dalam banyak kasus, menghadiri program yang diakui oleh agen yang tepat adalah prasyarat untuk mendapatkan pekerjaan di bidang-bidang seperti psikologi, hukum, dan perawatan kesehatan. Banyak akreditasi terprogram mensyaratkan bahwa program yang terakreditasi ditempatkan di sekolah yang terakreditasi secara kelembagaan.

Program dapat ditawarkan yang dinilai oleh badan khusus ini, tanpa harus memiliki akreditasi kelembagaan. Misalnya, melanjutkan program pendidikan dalam lingkungan non-pendidikan (seperti rumah sakit) dapat diakreditasi oleh lembaga akreditasi khusus.

Kursus semacam itu dapat dihitung secara profesional (menuju sertifikasi profesional atau lisensi negara) tetapi tidak akan ditransfer untuk kredit transfer perguruan tinggi. Demikian pula, jika badan khusus mengakreditasi program di sekolah tinggi, tetapi sekolah itu sendiri tidak terakreditasi secara kelembagaan, program mungkin memiliki nilai profesional.

Karena persyaratan yang berbeda-beda, penting untuk mengetahui akreditasi apa yang diperlukan untuk karier tertentu.

Kesimpulan
Banyak calon mahasiswa ingin kuliah atau melanjutkan studi nya ke jenjang yang lebih tinggi tetapi tidak mengetahui bahwa akreditasi itu sangat penting. Semoga artikel ini tentang akeditasi dapat membantu untuk Anda.

Penulis blog website Syntax Corporation Indonesia yang tertarik dengan dunia pendidikan

About us and this blog

We are a digital marketing company with a focus on helping our customers achieve great results across several key areas.

Request a free quote

We offer professional SEO services that help websites increase their organic search score drastically in order to compete for the highest rankings even when it comes to highly competitive keywords.

Subscribe to our newsletter!

More from our blog

See all posts
No Comments

Leave a Comment