Cara Membuat Jurnal Internasional Scopus

No Comments

Cara membuat jurnal internasional scopus memang tidak mudah, Anda harus tahu beberapa tips dan strateginya berikut ini.

Jurnal ilmiah merupakan salah satu hal yang wajib dihasilkan oleh akademisi terutama seorang peneliti, apalagi dosen. Namun kenyataannya untuk membuat sebuah artikel yang berhasil diterbitkan di scopus bukanlah hal yang mudah.

Jika belum mengetahui strateginya pasti susah, untuk menerbitkan di Jurnal Nasional saja susahnya minta ampun, apalagi kalau jurnal itu bereputasi Internasional, misalnya SCOPUS, Thomson Reuters (Web of Science), EBSCO dan DOAJ.

Nah dengan begitu, disini admin akan memberikan tips dan strategi cara membuat jurnal internasional scopus.

Cara Membuat Jurnal Internasional Scopus

1. Mengetahui Pangsa Pasar

cara membuat jurnal internasional scopus

Sebelum Anda menulis naskah, hal pertama yang perlu Anda pikirkan adalah menentukan sasaran pasarnya. Ketahui minat pembaca, ketahui apa yang paling diminati oleh kebanyakan pembaca dan saat Anda menulis ingatlah calon pembacanya.

Artikel terkait : “Cara Cek Prosiding Terindeks Scopus”

2. Artikel Yang Baik dan Bagus

Pembuatan artikel jurnal yang baik akan memudahkan pembaca dalam memahami isinya. Perlu Anda perhatikan dua hal penting supaya pembuatan artikel dapat optimal yaitu CONTENT dan PRESENTATION.

Isi jurnal yang Anda buat perlu dipikirkan mengenai manfaatnya di masyarakat secara luas. Jika sudah memiliki kemanfaatan yang tinggi, tuliskan dalam bentuk narasi yang semenarik dan sebagus mungkin.

Supaya artikel Anda mudah untuk dipahami isinya oleh para pembaca, kondisikan penyampaian tulisan secara jelas dan dapat diterima nalar.

3. Teruslah Menulis Jurnal

Kemampuan menulis jurnal bukanlah dari bakat semata namun lebih mengarah ke skill. Skill dalam penulisan akan semakin terasah jika frekuensi penulisan semakin tinggi. Jadi tidak ada alasan ‘Bosan’ dalam menulis jurnal ilmiah ini, Menulis membutuhkan skill yang selalu terasah.

Apabila Anda sudah terbiasa dalam menulis jurnal maka akan semakin banyak artikel Anda yang diterima di jurnal bereputasi. Selain itu, kesempatan mendapatkan ide-ide dalam menulis juga semakin terbuka.

4. Buatah Tulisan yang Paling Mudah

Artikel yang terbit di jurnal Internasional bereputasi tidak selamanya terkait dengan teknologi canggih dan mutahir saja. Akan tetapi dengan melakukan inovasi-inovasi dalam aplikasi teknologi lama pun sangat berpeluang.

Baca Juga : “Jurnal Scopus Yang Mudah Ditembus”

5. Buatlah Reviewer Tertarik dengan Artikel Anda

cara membuat jurnal internasional scopus

Membuat tertarik pembaca artikel adalah penting, namun membuat reviewer tertarik membaca artikel Anda adalah jauh lebih penting. Karena tidak ada yang membaca artikel Anda lebih teliti dari reviewer.

Akan lebih bagus lagi jika artikel yang Anda buat menggunakan referensi dari hasil penelitian reviewer. Tapi tidak masalah asalkan benar-benar mendukung artikel yang Anda buat tadi.

6. Hindari Plagiarimse

cara membuat jurnal internasional scopus

Sebaik apapun karya ilmiah yang Anda tulis, jika hasil dari menjiplak karya orang lain pasti tidak akan mendapatkan apresiasi dari khalayak umum. Bahkan menjiplak dari hasil karya Anda sendiri yang sudah publsih juga masih dianggap plagiat. Maka dari itu, sebisa mungkin hindarilah tindakan yang menjelekan diri sendiri ini.

Artikel Menarik : “Jurnal Scopus Gratis”

7. Koreksi Artikel Anda

cara membuat jurnal internasional scopus

Keindahan tulisan tanpa kehilangan isi yang terkandung di artikel Anda sangat membutuhkan adanya koreksi secara terus-menerus. Semakin sering Anda lakukan koreksi maka akan semakin berkualitas artikel yang Anda buat.

Apakah kamu tahu cara menulis daftar pustaka dari jurnal internasional? kalau belum tahu silahkan baca artikel nya ya.

Biaya Publikasi Jurnal Scopus

Akhir Kata

Demikianlah tips cara membuat jurnal internasional scopus dengan mudah yang bisa Anda lakukan.

Ternyata cara untuk membuat jurnal yang terindeks di SCOPUS atau bereputasi Internasional membutuhkan waktu yang cukup panjang jika belum berpengalaman.

Namun pengalaman itu pasti akan Anda dapatkan jika tidak bosan-bosannya menyempatkan diri untuk terus menulis.

Apabila ingin konsultasi gratis seputar Jurnal Internasional (Scopus) dan Nasional (terakreditasi), Silahkan klik link dibawah ini.

KLIK KONSULTASI

Referensi : muh-amin.com

Penulis blog website Syntax Corporation Indonesia yang tertarik dengan dunia pendidikan

About us and this blog

We are a digital marketing company with a focus on helping our customers achieve great results across several key areas.

Request a free quote

We offer professional SEO services that help websites increase their organic search score drastically in order to compete for the highest rankings even when it comes to highly competitive keywords.

Subscribe to our newsletter!

More from our blog

See all posts
No Comments

Leave a Comment