Cara Mencari Jurnal Di Scopus

No Comments

Cara mencari jurnal di scopus – Nama Scopus memang sudah tidak asing lagi. Terutama untuk para dosen ataupun mahasiswa doktoral yang merupakan sebuah kewajiban untuk mempublikasikan jurnal terindeks scopus. Apalagi, jika hal tersebut juga berkaitan dengan syarat kenaikan jabatan seseorang. Bagi para senior tentu tidak masalah, namun bagaimana dengan yang masih pemula di dunia publikasi scopus ini?

Cara Mencari Jurnal Di Scopus

Dalam artikel ini, kita akan membahas dua macam cara yang bisa Anda lakukan untuk tahu apakah jurnal tersebut terindeks Scopus atau tidak. Selengkapnya, kita simak infonya berikut ini.

1. Cara Mencari Jurnal Terindeks Scopus Lewat Scimago JR

cara mencari jurnal di scopus

Cara yang pertama yaitu menggunakan situs scimagojr.com. SJR ini sering dikunjungi untuk melihat ranking sebuah jurnal yang dibagi menjadi 4 kuartil yaitu Q1, Q2, Q3, dan Q4.

  • Buka dan kunjungi situs scimagojr.com
  • Pilih subjeck area jurnal yang dituju. Misalkan, karena bidang farmasetika maka akan dicari bidang “pharmacologi, toxicology, & pharmaceutics”.
  • Pilih subjek kategori jurnal yang diinginkan. Subjek kategori adalah subkategori dari subjek area jurnal internasional yang dicari
  • Cari quartile yang diinginkan, download data ke excel
  • Pastikan jurnal terindeks scopus

Apabila ingin konsultasi gratis seputar Jurnal Internasional (Scopus) dan Nasional (terakreditasi), Silahkan klik link dibawah ini.

Artikel Terkait : “Mengenal Scopus Indeks Jurnal Internasional”

2. Cara Mencari Jurnal Di Scopus

Ada banyak tempat publikasi jurnal cepat dan gratis, kalau ingin tahu silahkan baca artikel tadi dengan mengklik link nya.

Cara yang kedua ini bisa dilakukan apabila kamu sudah memiliki daftar nama jurnal yang akan dicek. Simak caranya berikut ini:

  • Buka laman resmi Scopus di https://www.scopus.com/home.url
  • Klik “Sources” di bagian atas
  • Isikan nama jurnal di kolom “Enter title” lalu tekan enter atau klik “Find Sources”
  • Jika nama jurnal yang kamu ketik sudah ditemukan di kolom search, klik jurnal tersebut dan cek tahun coveragenya.
  • Cek juga “Scopus Content Coverage” di bagian bawah. Jurnal masih terindeks Scopus, jika telah masuk data 2020.

Baca Juga : “58 Daftar Jurnal Terindeks Scopus”

Akhir Kata

Demikian cara mencari apakah jurnal sudah terindeks Scopus atau belum, jika masih ragu, sebaiknya memilih jurnal yang diterbitkan oleh penerbit besar seperti Elsevier, Wiley, dan Springer. Semoga bermanfaat.

Baca juga : cara submit jurnal

Apabila ingin konsultasi gratis seputar Jurnal Internasional (Scopus) dan Nasional (terakreditasi), Silahkan klik link dibawah ini.

Referensi : lister.co.id

Penulis blog website Syntax Corporation Indonesia yang tertarik dengan dunia pendidikan

About us and this blog

We are a digital marketing company with a focus on helping our customers achieve great results across several key areas.

Request a free quote

We offer professional SEO services that help websites increase their organic search score drastically in order to compete for the highest rankings even when it comes to highly competitive keywords.

Subscribe to our newsletter!

More from our blog

See all posts
No Comments

Leave a Comment