Cara Mengupload Jurnal

No Comments

Dalam membuat jurnal tentu sangat diharuskan mengupload jurnal agar jurnal kita bisa dijadikan sebagai referensi ketika orang membutuhkan di bidang keilmuan yang sama. Dan tidak sembarangan pula orang mengupload jurnal tersebut. Ketika seseorang akan mengupload jurnalnya maka ada beberapa tahapan agar jurnalnya sesuai dengan tata cara upload jurnal tersebut. Mari kita simak dibawah ini:

1. Usahakan Kamu Mempunyai Artikel yang Terhindar dari Plagiat Maksimal 25%

Cara Mengupload Jurnal

Dalam membuat jurnal usahakan jangan sampai isi artikel kita melebihi plagiarisme lebih dari 25% karena para pembaca bisa menilai sendiri ketika artikel kita terlalu banyak mengambil dari karya orang, maka dari itu usahakan artikel jurnal kita adalah hasil dari karya kita sendiri tidak menjiplak dari karya orang lain.

2. Cari Jurnal Sesuai Kriteria Bidang Keilmuanmu

Tentunya dalam membuat jurnal harus sesuai poksi keilmuan yang kita kuasai, karena jurnal yang kita buat akan dijadikan rujukan oleh peneliti yang satu ruang lingkup keilmuannya. Karena itu juga pastinya kita lebih mudah membuatnya karena sesuai dengan keilmuan kita.

3. Pelajari Sistem Proses Online Journal System yang Kamu Hendak Submit

Cara Mengupload Jurnal

Kita sudah seharusnya mempelajari bagaimana sistem submit jurnalnya karena agar memudahkan proses membuat jurnal itu sendiri. Dan juga lebih memudahkan kita agar jurnal yang dibuat tersampaikan sehingga menjadi acuan untuk para pembacanyanya.

4. Download Template Penulisan Jurnal yang Tersedia Pada Website Online Journal System

Tidak lupa tentunya template yang digunakan juga harus sesuai dengan OJS agar jurnal kita menjadi lebih tertata rapih, dan ditambah mempermudah para pembaca yang akan menggunakan jurnal kita.

5. Sesuaikan Hasil Penelitian Dengan Format Jurnal yang Telah Kamu Download

Cara Mengupload Jurnal

Hasil penelitian kita harus sesuai dengan format jurnal telah kita download karena format tersebut sudah sesuai dengan standarisasi pembuatan jurnal di bidang keilmuwan yang kita buat.

6. Register dengan membuat akun sebagai author pada online journal system

Membuat akun agar memudahkan proses upload jurnal kita, dan lebih mudah mengakses OJS jikalau kita sudah mempunyai akun tersendiri.

7. Submit Sesuai Cara dan Aturan yang Ada Pada Online Journal System

Cara Mengupload Jurnal

Submit jurnal kita dengan memperhatikan cara dan aturan yang ada di ojs agar sesuai dengan standarisasi submit jurnal. Aturan atau tatacara submit jurnal sudah tertera pada ojs tersebut kita tinggal mengikuti arahan yang sudah ditentukan.

Baca Juga: Macam-macam Jurnal Ilmiah

8. Agar Prosesnya Baik, Kamu Bisa Hubungi Email/Nomor Telepon yang Ada Pada Bagian Menu Contact Pada Online Journal System

Cara Mengupload Jurnal

Setelah menghubungi nomor tersebut usahakan aktif menghubungi agar jurnal yang kita submit segera masuk proses  review oleh chief editor jurnalnya, dan jika ada kekurangan pada juurnal yang kita buat atau rejected bisa segera submit pada jurnal lain yang berpotensi menerima artikel jurnal hingga terbit. Agar lebih jelas konsultasikan dirimu pada dosen pembimbing maupun teman yang sudah berhasil melakukan publikasi jurnal.

Itulah 8 tatacara mengupload jurnal agar sesuai dengan Online Journal System (OJS), gampang sekali kan jika kita memnperhatikan tatacaranya ketika hendak mengupload/mempublish jurnal, semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.

Penulis blog website Syntax Corporation Indonesia yang tertarik dengan dunia pendidikan

Request a free quote

We offer professional SEO services that help websites increase their organic search score drastically in order to compete for the highest rankings even when it comes to highly competitive keywords.

Subscribe to our newsletter!

More from our blog

See all posts
No Comments

Leave a Comment