Manfaat Akreditasi Perguruan Tinggi

No Comments

Sebelum membahas manfaat tentang akreditasi perguruan tinggi, izinkan kami untuk memberikan informasi mengenai akreditasi terlebih dahulu.


Siapa yang tidak mengenal istilah Akreditasi? Ada yang mengenalnya dengan sebutan akreditasi perguruan tinggi (APT) dan akreditasi program studi (APS). Satu-satunya badan akreditasi yang memperoleh wewenang dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia dalam meningkatkan mutu pendidikan tinggi, memperkenalkan serta menyebarluaskan ialah Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Badan akreditasi yang diakui oleh Pemerintah BAN-PT sudah memiliki wewenang untuk melaksanakan sistem akreditasi pada pendidikan tinggi. Oleh sebab itu, BAN-PT melaksanakan akreditasi bagi semua institusi pendidikan tinggi meliputi Pergutuan Tinggi Negeri (PTN), Perguruan Tinggi Swasta (PTS), Perguruan Tinggi Agama (PTA) ataupun Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK).

Layanan pendidikan sebagai sektor layanan dalam mengupayakan bahwa sektor pendidikan diharuskan untuk menerapkan Good Governance, kemudian disebut dengan Good University Governance yang dasarnya terdapat berbagai prinsip-prinsip yaitu : Transparansi, Partisipatif, Akuntabilitas, dan sebagainya. Mengikuti upaya penerapan Good University Governance di kampus membawa problematika yang seharusnya menjadi refleksi terdalam bagi segenap civitas akademika, juga bagi masyarakat, khususnya yang hendak melanjutkan studinya ke pendidikan tinggi.

Ingin Lebih Tahu Apa Saja Persyaratan Untuk Akreditasi Perguruan Tinggi? Konsultasi Sekarang!

Siapa yang masih bingung menentukan tempat kuliah ? Perlu Anda tahu, sebelum menentukan tempat kuliah, Anda harus mempertimbangkan akreditasi perguruan tinggi dan program studi terlebih dahulu. Sebelum mendaftar di kampus yang Anda minati, sebaiknya mengecek akreditasi kampus atau program studi yang Anda minati di Badan Akreditasi Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Manfaat Akreditasi Perguruan Tinggi

akreditasi perguruan tinggi

Berikut manfaat akreditasi bagi perguruan tinggi :

1. Pengusulan Proyek Perguruan Tinggi

Bagi perguruan tinggi Negeri maupun swasta, akreditasi di jadikan sebagai acuan dalam pengajuan proyek institusi. Semakin baik peringkat akreditasinya semakin besar juga proyek yang bisa di ambil.

2. Akreditasi Perguruan Tinggi Dapat Menarik Calon Mahasiswa Baru

Sudah bukan rahasia umum lagi jika anda ingin melanjutkan perkuliahan, anda harus mengecek terbebih dahulu akreditasi pada sebuah perguruan tinggi.

Nah, akreditasi ini seringkali dimanfaatkan oleh para perguruan tinggi guna menarik banyak calon mahasiswa baru.

3. Mutu Perguruan Tinggi

Akreditasi itu merupakan cermin kualitas dari sebuah program studi, semakin baik akreditasi program studi maka bisa di ambil kesimpulan program studi tersebut semakin baik.

4. Untuk Melamar Pekerjaan

Bagi Anda yang sudah merencakan lulus kuliah kemudian bekerja di sebuah perusahaan, saat ini perusahaan swasta di indonesia tidak jarang yang menjadikan syarat untik melamar pekerjaan itu berasal dari perguruan tinggi dengan jurusan yang terakreditasi minimal B atau Sangat Baik.

5. Mendaftar PNS

Akreditasi sangatlah penting untuk Anda yang ingin menjadi PNS, sebab ada salah satu persyaratan yang mengharuskan lulusan dari perguruan tinggi yang sudah terakreditasi.

Jadi, itulah ulasan kami mengenai beberapa manfaat Akreditasi oleh BAN-PT bagi Perguruan Tinggi.  Bagi perguruan tinggi sangatlah penting untuk mengetahui manfaat akreditasi untuk standar ukuran tentang mutu pendidikan, perguruan tinggi harus bisa meningkatakan mutu dan daya saing terhadap lulusannya.

Suka dengan konten seperti ini? Kunjungi terus syntax.co.id.

Ingin Lebih Tahu Apa Saja Persyaratan Untuk Akreditasi Perguruan Tinggi? Konsultasi Sekarang!

Penulis blog website Syntax Corporation Indonesia yang tertarik dengan dunia pendidikan

Request a free quote

We offer professional SEO services that help websites increase their organic search score drastically in order to compete for the highest rankings even when it comes to highly competitive keywords.

Subscribe to our newsletter!

More from our blog

See all posts
No Comments

Leave a Comment