Perubahan Bentuk Perguruan Tinggi

No Comments

Bentuk PTS adalah bentuk perguruan tinggi yang terdiri atas 6 (enam) bentuk, yaitu Universitas, Institut, Sekolah Tinggi , Politeknik, Akademi, dan Akademi Komunitas.

Perubahan bentuk PTS adalah perubahan dari suatu bentuk PTS kesuatu bentuk PTS lain dalam 5 (lima) bentuk  perguruan tinggi sebagaimana dikemukakan diatas, sedangkan Akademi Komunitas tidak boleh diubah bentuknya.

Izin Perubahan bentuk PTS dimuat dalam keputusan Menristekdikti tentang perubahan surat keputusan izin pendirian PTS dengan bentuk lama PTS menjadi surat keputusan izin perubahan PTS dalam bentuk baru.

Terdapat berbagai alasan Badan Penyelenggara untuk mengajukan izin perubahan bentuk perguruan tinggi yang dikelolanya, antara lain:

  1. Bentuk lama PTS tidak atau kurang sesuai dengan visi PTS;
  2. Bentuk lama PTS tidak atau kurang responsive terhadap kebutuhan masyarakat;
  3. PTS dialihkelolakan dari Badan Penyelenggara yang lama ke Badan Penyelenggara yang baru, dan Badan Penyelenggara baru yang menerima alih kelola menginginkan perubahan bentuk PTS. Jika terjadi  permohonan seperti ini, maka proses perubahan bentuk PTS yang bersamaan dengan alih kelola harus dilakukan dengan tahap sebagaimana dikemukakan dalam huruf d (tentang alih kelola);
  4. Bentuk PTS yang ditetapkan dalam izin pendirian tidak memenuhi lagi komposisi jumlah dan jenis program studi untuk bentuk PTS tersebut, sehingga PT Stersebut harus berubah bentuk sesuai dengan komposisi jumlah da njenis program studi yang dapat diselenggarakannya;
  5. Keputusan pencabutan status akreditasi dan peringkat terakreditasi 1 (satu) atau lebih program studi  oleh BAN-PT atau LAM, yang mengakibatkan komposisi jumlah dan jenis program studi terakreditasi yang masih ada di PTS tersebut, tidak memenuhi lagi komposisi jumlah dan jenis program studi terakreditasi yang di syaratkan untuk bentuk PTS sebagaimana dicantumkan dalam izin pendiriannya;

Secara hukum, perubahan bentuk PTS akan berakibat antara lain:

  1. Izin pendirian PTS yang diterbitkan Pemerintah (Depdikbud, Depdiknas, Kemdiknas, Kemdikbud, atau Kemristekdikti) harus diubah dari izin yang diberikan kepada Badan Penyelenggara PTS dengan suatu bentuk PTS menjadi bentuk baru PTS;
  2. Keputusan tentang status akreditasi dan peringkat terakreditasi dari PTS dengan bentuk  lama harus dimohonkan perubahannya kepada BAN-PT atau LAM dengan bentuk baru PTS;
  3. Data dan informasi didalam Pangkalan Data PendidikanTinggi (PDDikti) harus diubah dari data dan informasi tentang PTS dengan bentuk lama PTS menjadi data dan informasi tentang PTS dengan bentuk baru PTS.

Sebelum Menristekdikti menerbitkan keputusan tentang perubahan izin yang berisi perubahan bentuk  PTS, Direktorat Jenderal Kelembagaan IPTEK dan Diktiakan mengevaluasi permohonan izin perubahan bentuk PTS yang diajukan Badan Penyelenggara PTS tersebut. Setelah semua persyaratan dan prosedur dipenuhi, Menristekdikti akan menerbitkan keputusan tentang perubahan bentuk lama PTS dengan bentuk baru PTS.

ARTIKEL MENARIK : “Syarat Pendirian Perguruan Tinggi Swasta”

Sumber : silemkerma.kemdikbud.go.id

Penulis blog website Syntax Corporation Indonesia yang tertarik dengan dunia pendidikan

About us and this blog

We are a digital marketing company with a focus on helping our customers achieve great results across several key areas.

Request a free quote

We offer professional SEO services that help websites increase their organic search score drastically in order to compete for the highest rankings even when it comes to highly competitive keywords.

Subscribe to our newsletter!

More from our blog

See all posts
No Comments

Leave a Comment