Syarat & Prosedur Mendirikan SMK Swasta (Kesehatan)

No Comments

Ingin mengetahui tentang syarat mendirikan SMK Kesehatan & prosedur pendirian SMK swasta? Simak artikel ini untuk menemukan jawabannya!

Pada kesempatan ini, admin akan memberikan informasi seputar syarat mendirikan smk kesehatan dan prosedur pendirian smk swasya. Silahkan simak dengan seksama.

Aturan yang Wajib Anda Ketahui dalam Mendirikan SMK Swasta

Perlu anda ketahui bahwa aturan pendirian SMK Swasta ini, semuanya sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) No.66/2010 tentang Perubahan atas PP No.17/2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan.

Pada pasal 182 ayat 1, sudah dijelaskan bahwasannya anda harus mendapatkan izin pemerintah jika ingin melakukan pembangunan sekolah swasta.

“Pendirian program atau satuan pendidikan anak usia dini formal, pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi wajib memperoleh izin Pemerintah atau pemerintah daerah sesuai dengan kewenangannya.”

Baca Juga : studi kelayakan pendirian smk

Izin pendirian SMK Swasta sesuai dengan penjelasan pada “Kalimat Yang Dikutip” ini harus memenuhi standar pelayanan minimal sampai Standar Nasional Pendidikan tersebut diberikan oleh baik Bupati atau Walikota.

Nah, untuk pendidikan menengah sendiri, izin pendiriannya diberikan oleh Gubernur.

Selian itu, perlu anda ketahui juga bahwasannya terdapat aturan lain dari Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 060/U/2002 tentang Pedoman Pendirian Sekolah.

Aturan tersebut berada dalam pasa 14 yang menyebutkan :

“Pendirian sekolah yang diselenggarakan oleh masyarakat, selain harus memenuhi persyaratan sebagaimana dimaksud dalam pasal 4, harus dilengkapi dengan surat akte notaris pendirian badan penyelenggara sekolah dan bukti registrasi Departemen Kehakiman dan Hak Asasi Manusia (HAM).

“Pengurus yayasan atau badan penyelenggara sekolah sebagaimana dimaksud dalam ayat 1 tidak diperbolehkan menduduki jabatan pengelola organisasi sekolah sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam Undang-undang Nomor 16 tahun 2001 tentang Yayasan.”

Nah, untuk sarana dan prasarana pendidikan, pada pasal 45 ayat 1 dalam UU No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menjelaskan bahwa :

“Setiap satuan pendidikan formal dan nonformal menyediakan sarana dan prasarana yang memenuhi keperluan pendidikan sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan potensi fisik, kecerdasan intelektual, sosial, emosional, dan kejiwaan peserta didik.”

Jadi, Aturan mendirian atau melakukan pendirian SMK swasta juga diatur di tiap-tiap peraturan daerah.

Syarat Mendirikan SMK Kesehatan (Swasta)

Dalam proses mendirikan bangunan sekolah (SMK Swasta), pasti ada berkas-berkas yang harus anda lengkapi. Dan, berkas tersebutlah yang menjadi syarat utama yang wajib terpenuhi.

Berikut syarat mendirikan SMK Kesehatan / Swasta lainnya yang diatur dalam pasal 4 Kepmen Nomor 060/U/2002 tentang Pedoman Pendirian Sekolah.

Adapun syaratnya sebagai berikut :

  1. Hasil studi kelayakan
  2. Rencana Induk Pengembangan Sekolah (RIPS)
  3. Sumber peserta didik
  4. Tenaga kependidikan
  5. Tenaga non pendidikan
  6. Kurikulum/program
  7. Sumber pembiayaan
  8. Sarana dan prasarana
  9. Penyelenggara sekolah

Selain itu, ada lagi syarat dan prosedur mendirikan SMK Swasta (Kesehatan dll) berdasarkan PP No.66/2010 yang meliputi :

  • Jumlah dan kualifikasi pendidik
  • Pembiayaan pendidikan
  • Pendidikan
  • Sistem evaluasi dan sertifikasi
  • Tenaga kependidikan
  • Manajemen dan proses pendidikan

Syarat terakhir yang harus anda penuli adalah surat akta notaris pendirian badan penyelnggara sekolah dan juga bukti registrasi kemenkumham.

Perlu diingat juga bahwa terkadang terdapat beberapa persyaratan tambahan yang berasal dari peraturan daerah masing-masing.

Baca Juga : contoh proposal pendirian smk swasta

Prosedur Pendirian SMK Swasta

Dikutip dari berpendidikan.com, prosedur untuk pendirian SMK Swasta bisa dilakukan dengan melakukan pengajuan permohonan tertulis kepada Bupati setempat melalui Dinas Pendidikan dengan catatan harus melampirkan syarat-syarat yang diperlukan.

Untuk Jangka waktu berlakunya Izin, 10 (sepuluh) Tahun dan nantinya dapat diperpanjang kembali.

Apa yang Terjadi Jika Mengalami Masalah Sanksi atas Pelanggaran Ketentuan Perizinan?

  1. Peringatan tertulis
  2. Pembekuan izin
  3. Pencabutan izin

Persyaratan Izin Pendirian Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)

Demikianlah pembahasan yang bisa admin sampaikan terkait apa saja syarat mendirikan smk kesehatan dan prosedur pendirian smk swasta. Semoga ini bisa bermanfaat bagi anda, terimakasih!

Penulis blog website Syntax Corporation Indonesia yang tertarik dengan dunia pendidikan

Request a free quote

We offer professional SEO services that help websites increase their organic search score drastically in order to compete for the highest rankings even when it comes to highly competitive keywords.

Subscribe to our newsletter!

More from our blog

See all posts
No Comments

Leave a Comment