Cara Mencari Jurnal Di Sinta

No Comments

Penerbitan artikel jurnal ilmiah sudah menjadi syarat wajib kelulusan dari perguruan tinggi maka tidak jarang juga banyak yang mencari referensi jurnal di sinta karna Salah satu syarat kelulusan dari S1 ke S3 adalah mempublikasikan artikel di jurnal ilmiah. Bahkan, khusus untuk PhD, harus menjadi jurnal yang terkenal secara internasional. Pada saat yang sama, Magister adalah jurnal ilmiah nasional terakreditasi. Yang paling sederhana tentu saja S1, yaitu jurnal nasional online yang sudah memiliki ISSN.

Cara Mencari Jurnal Di Sinta

Cara Mencari Jurnal Di Sinta

Kali ini saya akan membahas tentang jurnal-jurnal nasional yang diakui, khususnya bagaimana menemukan jurnal-jurnal tersebut di Sinta. Biasanya kita menyebutnya jurnal sinta atau jurnal sinta.

Sinta (Indeks Sains dan Teknologi) adalah sistem informasi penelitian berbasis web yang dirancang untuk mengukur kinerja peneliti, lembaga, dan jurnal ilmiah Indonesia. Jurnal ilmiah nasional yang terindeks Sinta adalah jurnal yang tersertifikasi sistem sertifikasi ARJUNA (Akreditasi Jurnal Nasional) yang saat ini dikelola oleh Ristekbrin.

Artikel Menarik Wajib dibaca : Cara Membuat Resume Jurnal

  • Kami langsung membahas bagaimana mencari jurnal di Sinta yang sesuai dengan topik artikel kami. Untuk pertama kali tentunya kita harus masuk ke halaman Sinta di url : http://sinta.ristekbrin.go.id/. Setelah itu, arahkan mouse ke navigasi utama (atas) ke bagian “Sumber” dan klik “Jurnal”.
  • Kemudian cari jurnal di kotak pencarian, Jika Anda memiliki calon nama jurnal, silahkan masukkan nama jurnal di kotak pencarian dan klik tombol cari. Jika Anda tidak memiliki kandidat nama jurnal, silakan klik tombol “Pencarian Lanjutan”.
  • Dalam mode pencarian ini, kita dapat mencari jurnal ilmiah berdasarkan kolom artikel kita. Sebagai bagian dari tujuan program sarjana, kita dapat memilih dari sepuluh sub-bidang, yaitu: agama, ekonomi, humaniora, kesehatan, sains, pendidikan, pertanian, seni, masyarakat, dan mesin.
  • Kali ini saya memberikan contoh memilih bidang pendidikan. Setelah memilih, silakan klik tombol “Cari” segera. Kotak lainnya kosong.
  • Gambar di bawah ini menunjukkan hasil pencarian jurnal yang diakui di bidang pendidikan. Silakan mainkan angkanya atau arahkan ke pojok kanan atas hasil pencarian ini untuk menemukan target jurnal Sinta yang ingin Anda baca.
  • Ambil contoh output berikut, yaitu jurnal pendidikan yang disetujui oleh Sinta 4. Hasil ini setelah saya buka halaman 79, karena hasil pencarian metode ini menemukan sekitar 900 jurnal yang diakui di bidang pendidikan.
  • Silakan klik salah satu judul jurnal yang Anda sukai untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang jurnal tersebut. Untuk membuka halaman jurnal yang Anda pilih sebelumnya, klik tombol “Situs Web” di bagian bawah nama penerbit.

Akhir Kata Nah, beginilah cara mencari jurnal terakreditasi di Sinta. Kelemahan dari sistem pencarian ini adalah terlalu banyak jurnal, dan kita harus mengurutkannya satu per satu. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan program lain, yaitu melihat langsung peringkat skor Sinta berapa.

Penulis blog website Syntax Corporation Indonesia yang tertarik dengan dunia pendidikan

Request a free quote

We offer professional SEO services that help websites increase their organic search score drastically in order to compete for the highest rankings even when it comes to highly competitive keywords.

Subscribe to our newsletter!

More from our blog

See all posts
No Comments

Leave a Comment