Cara Membuat Resume Jurnal

No Comments

Walaupun membuat resume tidak begitu sulit, namun tetap ada beberapa langkah yang harus diperhatikan agar kita bisa membuat resume Jurnal dengan kita memperhatikan cara meresume jurnal dengan baik maka hasil yang diperoleh juga akan maksimal.

Cara Membuat Resume Jurnal

Cara Membuat Resume Jurnal :

1. Baca manuskrip

Untuk memahami isi sebuah artikel, hal pertama yang harus diperhatikan tentunya adalah kelengkapan membaca naskah. Dengan cara ini, dengan membaca berulang kali teks atau naskah asli, lebih mudah bagi kita untuk memahami makna yang disampaikan oleh penulis.

Selain itu, kita juga perlu menggunakan sumber lain untuk membantu memahami kata-kata yang belum dipahami. Oleh karena itu, alat-alat ini sangat berguna untuk membantu memahami kalimat dalam teks atau artikel.

2. Temukan ide pokok

Ketika kita membaca naskah atau artikel berulang kali, hal selanjutnya yang harus diperhatikan adalah menemukan gagasan utama. Kita dapat menemukan gagasan utama dengan mencari kalimat-kalimat penting dalam teks.

Yuk dibaca : jasa jurnal sinta

Karena kalimat-kalimat penting biasanya sudah merangkum gagasan utama. Jangan lupa untuk mencatat atau menekankan ide-ide utama secara bersamaan agar kita dapat meringkasnya dengan lebih mudah.

3. Tulis resume

Setelah menemukan ide pokok atau gagasan utama dari naskah atau makalah yang telah kita baca, langkah selanjutnya adalah menulis resume. Tentu saja kita sudah memiliki gambaran tentang resume yang akan kita tulis melalui gagasan utama.

Namun yang harus diperhatikan adalah untuk membuat resume Jurnal harus menyesuaikan dengan naskah atau artikel asli. Demikian pula, ketika menggunakan kata dan kalimat dalam resume kami, Anda harus menggunakan isi naskah asli.

Selain itu, kami juga tidak mengizinkan pendapat pribadi untuk ditambahkan ke resume, terutama jika pendapat kami bertentangan dengan naskah asli.

INGIN KONSULTASI SEPUTAR PUBLIKASI JURNAL INTERNASIONAL ATAU NASIONAL TERAKREDITASI YANG CEPAT TERBIT? SILAHKAN KLIK LINK DIBAWAH INI YA.

4. Baca kembali resume yang telah dibuat

Akhirnya, setelah menulis resume, kita perlu memeriksa dan membacanya kembali. Sehingga kami dapat memperbaiki kesalahan ketika kami menemukan kesalahan dalam resume kami.

Isi yang perlu diperiksa meliputi ejaan kata yang benar, tanda baca, bahasa yang baik dan benar, serta kesesuaian isi resume dan isi naskah atau skripsi.

Baca Juga : Cara Mengetahui Id Scopus

Contoh Membuat resume Jurnal

Jika kita membahas arti resume, perbedaan antara resume dan ringkasan, dan cara membuat resume. Oleh karena itu, berikut ini adalah contoh resume Jurnal yang dapat Anda gunakan sebagai referensi atau referensi untuk menyelesaikan tugas resume Jurnal untuk guru atau dosen.

Judul Jurnal: Pengendalian dan Manajemen Berkas Kantor Distrik

Judul: Kontrol dan Manajemen Rekaman

Volume: Volume. Nomor 4 6 2019

Tahun: 2019

Tambahkan penulis

Latar Belakang

Latar belakang jurnal-jurnal berikut ini didasarkan pada pengendalian dan pengelolaan catatan berbasis distrik. Karena hal ini terkait dengan beberapa regulasi yang diajukan baik secara teknis maupun secara umum. Dari segi pengelolaannya, ini bersifat teknis, berdasarkan pergantian Gubernur Nomor 1 Jawa Timur. Itu 453 pada tahun 2005.

Pembahasan penelitian ini adalah tentang penataan arsip Jawa Timur. Mengenai pengelolaan arsip umum, ada ketentuan dalam UU No. 1. 43 tahun. 2009. Undang-undang tersebut membahas tentang pedoman pengelolaan arsip.

Namun, meskipun sudah ada pedoman untuk mengaturnya, tidak begitu mudah untuk diterapkan dalam praktiknya. Hal ini disebabkan kurangnya pemahaman tentang tata cara pengelolaan di bidang kearsipan.

Pada saat yang sama, situasi ini terjadi di sebagian besar institusi di berbagai daerah di Indonesia, apalagi kejadian ini terjadi hampir di setiap jalan. Untuk itu, pada tahun 2019, pengelolaan dan pengendalian arsip kelurahan telah dilakukan investigasi sebagai berikut.

Tujuan Penulisan Jurnal

Tujuan dari publikasi ini adalah sebagai berikut:

Majalah berikut ini dirancang untuk memahami proses pengendalian dan pengelolaan file di Kantor Kecamatan Jawa Timur

Tujuan selanjutnya adalah untuk memahami pengendalian dan pengelolaan Kantor Kecamatan Jawa Timur.

metode

Penulis menggunakan metode kualitatif untuk menganalisis peristiwa berikut. Metode kualitatif adalah metode yang menggunakan data berupa angka, teks, dan gambar.

Namun, meskipun data digunakan dalam bentuk digital, pendekatan berikut tetap akan dijelaskan dalam kata-kata penulis.

Hasil penelitian

Kesamaan yang dapat ditarik dari hasil penelitian ini adalah pengendalian dan pengelolaan arsip di Jawa Timur, khususnya kelurahan, belum sepenuhnya dilaksanakan dengan benar. Karena banyak kendala, proses ini tidak berjalan dengan baik.

Kendala yang berbeda ini ditemukan di beberapa kontrol surat yang tidak digunakan. Selain itu, hal ini juga terkait dengan manajemen karyawan yang terbiasa melakukan banyak tugas dalam waktu yang bersamaan.

Karena para pegawai ini hanya memperhatikan reward yang mereka dapatkan, bukan hasil dari tugas yang mereka kerjakan.

Penulis juga melakukan kegiatan observasi terhadap pekerjaan penyortiran arsip, disini penulis menemukan banyak kekurangan dalam proses penyortiran arsip di beberapa kelurahan. Arsip-arsip tersebut banyak yang tidak tertata dari segi penempatannya, sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk menemukannya.

Pro dan kontra

Kelebihan dari penelitian yang telah dilakukan ini adalah dalam pengolahan data yang detail dan penggunaan teori yang lebih memadai. Meskipun kekurangannya adalah penulis telah melakukan beberapa analisis dan semangat untuk segera menyelesaikan proses penelitian.

dan banyak sekali aplikasi review jurnal otomatis online.

INGIN KONSULTASI SEPUTAR PUBLIKASI JURNAL INTERNASIONAL ATAU NASIONAL TERAKREDITASI YANG CEPAT TERBIT? SILAHKAN KLIK LINK DIBAWAH INI YA.

Contoh Membuat resume Makalah

Berikut ini adalah contoh resume kertas, yang dapat Anda gunakan sebagai referensi atau referensi saat mengerjakan pekerjaan rumah Anda.

Judul: Melatih keterampilan membaca

pendahuluan

Perlu kita ketahui bersama bahwa membaca lebih dari sekedar membaca, membaca juga membutuhkan keterampilan. Cara melatih keterampilan membaca adalah: konsentrasi tinggi dan apresiasi membaca, menggunakan intonasi dan pengucapan yang tepat saat membaca, tidak terburu-buru untuk mencapai keberhasilan dalam membaca, dan terakhir merekomendasikan ekspresi penuh membaca.

Pembahasan

Membaca dapat dilakukan melalui beberapa keterampilan dasar, antara lain: membaca dalam hati (membaca ekstensif dan membaca intensif), membaca nyaring (agar menikmati membaca dengan menangkap informasi).

Artikel Lainnya : Download Jurnal Scopus Gratis

Membaca senyap adalah membaca, yang biasanya disamakan dengan kegiatan membaca yang dapat lebih memahami dan memahami bacaan. Saat membaca dengan suara keras, biasanya dibaca di tempat yang diperbesar.

Namun yang terpenting dalam membaca adalah memahami proses membaca itu sendiri. Sama seperti membaca buku, majalah, surat kabar, majalah, portal, media sosial, dll, para akademisi juga perlu memahami karena pembaca sedang menangkap informasi yang disampaikan oleh penulis.

Jadi secara umum membaca dimaknai sebagai kegiatan menganalisis, menyerap, bahkan menafsirkan informasi yang disampaikan pengarang. Oleh karena itu, membaca memang membutuhkan perhatian penuh untuk memahami isi bacaan.

INGIN KONSULTASI SEPUTAR PUBLIKASI JURNAL INTERNASIONAL ATAU NASIONAL TERAKREDITASI YANG CEPAT TERBIT? SILAHKAN KLIK LINK DIBAWAH INI YA.

Sekian

Pembahasan kita tentang cara membuat resume Jurnal lengkap beserta pengertian, metode dan contohnya selesai. Terimkasih sudah membaca.

Penulis blog website Syntax Corporation Indonesia yang tertarik dengan dunia pendidikan

Request a free quote

We offer professional SEO services that help websites increase their organic search score drastically in order to compete for the highest rankings even when it comes to highly competitive keywords.

Subscribe to our newsletter!

More from our blog

See all posts
No Comments

Leave a Comment