Cara Menggunakan Google Scholar

No Comments

Kini Pemakaian Google Scholar sudah banyak didorong dari kemajuan teknologi telah memudahkan siapa saja, Ini termasuk mahasiswa yang membutuhkan referensi ketika ingin mengerjakan sebuah laporan maka referensi yang bisa digunakan oleh Mahasiswa adalah Menggunakan Google Scholar karena yang berkaitan dengan data penting seperti jurnal.

Cara Menggunakan Google Scholar

Keberadaan Google Scholar dinilai sangat membantu profesi tersebut dalam berbagai aspek penelitian dan penulisan. Namun, bagaimana cara memaksimalkan Google Cendekia? Lihat tips berikut tentang cara menggunakan Google Cendekia.

Mencari Penulis dengan Mudah

Sama seperti browsing di mesin pencari, di Google Cendekia, Anda bisa mencari referensi terkait artikel atau publikasi berdasarkan nama penulisnya. Terkadang, seorang penulis dapat membuat beberapa karya, sehingga kita lupa judul artikel dan hanya mengingat nama penulisnya. Anda tidak perlu khawatir, karena Anda bisa mencari berdasarkan nama di Google Scholar.

Misalnya ada penulis bernama John yang menulis publikasi tentang hosting dunia digital, lalu Anda bisa masuk ke “John’s hosting” dan akan ada publikasi tentang hosting yang ditulis oleh John.

Yang terbaik adalah menulis nama lengkap penulis. Mungkin, ada banyak orang yang telah menulis tentang artikel yang sama. Menulis dengan nama lengkap ini sebenarnya akan memudahkan Anda dalam mencari jurnal di Google Cendekia. Contohnya adalah “John Howard” dan semua publikasi yang dia tulis akan muncul.

Pencarian Berdasarkan Publikasi

Selain mencari publikasi artikel berdasarkan nama penulis, cara menggunakan Google Scholar untuk mencarinya dengan memasukkan judul dan memilih kategori. Misalnya, jika Anda mencari artikel atau publikasi tentang ulasan manajemen keuangan. Maka akan muncul banyak artikel dari semua artikel yang terdaftar.

Jika Anda ingin mempersempit pencarian jurnal, Anda bisa memasukkan istilah “Manajemen Keuangan-Jurnal Keuangan”. Untuk kenyamanan, Anda harus melakukan banyak percobaan, sehingga pencarian berikutnya akan lebih mudah dan Anda dapat menemukan tulisan.

Cari Berdasarkan Tahun dan Tanggal Terbit

Kadang-kadang, bahkan jika ada beberapa judul atau karya, dan mereka berasal dari penulis yang sama, tanggal dari karya tersebut berbeda. Pemilik biasanya merevisi tulisan dari segi isi dan materi. Artinya, versi revisi akan muncul di Google Cendekia. Oleh karena itu, cara mencari buku di Google Cendekia Selanjutnya adalah dengan mencari berdasarkan tanggal terbit.

Artikel Penting : Scopus Indeks

Meskipun Google Scholar tidak akan menampilkan tanggal publikasi, namun akan menampilkan tahun publikasi artikel atau publikasi yang Anda cari. Jika Anda mencari perkembangan terbaru di bidang tertentu, akan berguna untuk mencari berdasarkan tahun publikasi atau tahun publikasi. Atau ketika Anda mencari file historis yang dirilis pada tahun tertentu.

Agar Tulisan Muncul di Google Scholar

Anda juga dapat mempublikasikan artikel atau karya Anda untuk memberi tahu lebih banyak orang. Anda dapat masuk ke akun Google Anda dan mengisi formulir pendaftaran penawaran. Bagi yang ingin menjadikan tulisan Anda sebagai referensi, selain berkualitas, tampilan juga membuatnya terlihat profesional.

Profil Anda di Google Scholar harus bersifat publik dan memiliki email terverifikasi di institusi atau universitas (bukan alamat email umum seperti gmail.com). Kemudian buat akun dengan nama asli Anda dan jangan pernah menggunakan nama samaran. Hal ini dilakukan agar ketika karya Anda dijadikan referensi oleh orang lain, Anda akan lebih kredibel daripada menggunakan nama samaran

Penulis blog website Syntax Corporation Indonesia yang tertarik dengan dunia pendidikan

Request a free quote

We offer professional SEO services that help websites increase their organic search score drastically in order to compete for the highest rankings even when it comes to highly competitive keywords.

Subscribe to our newsletter!

More from our blog

See all posts
No Comments

Leave a Comment