Ciri-ciri Jurnal Internasional

No Comments

Pernahkah Anda mendengar istilah jurnal internasional? Jika Anda seorang mahasiswa, saya rasa Anda sudah sangat familiar dengan bacaan ilmiah semacam ini. Singkatnya, jurnal internasional adalah kumpulan artikel ilmiah yang ditulis dalam bahasa internasional. Namun tentu makna yang sebenarnya tidak sesederhana itu, Anda perlu mengetahui beberapa Ciri-ciri Jurnal Internasional.

Ciri-ciri Jurnal Internasional

Sebelum itu, mungkin ada satu pertanyaan yang muncul di benak Anda, mengapa kita harus mengenali ciri-ciri jurnal internasional? Pemahaman kita tentang karakteristik jurnal internasional ini akan sangat membantu kita dalam menentukan jurnal mana yang memang bisa disebut jurnal internasional dan jurnal mana yang ditulis hanya dalam satu bahasa internasional.

Ciri Jurnal Internasional yang Baik

Sebuah jurnal setidaknya memiliki 7 standar atau karakteristik sebelum dapat disebut sebagai jurnal internasional. Standar ini disepakati atau ditetapkan dalam Pedoman Penilaian Kredit (PAK) Instruktur DIKTI. Oleh karena itu, standar ini berlaku secara nasional, sehingga Anda dapat menemukan informasi tambahan tentang berbagai standar jurnal internasional, terutama jika sumbernya dari luar negeri.

Artikel ditulis dengan kaidah ilmiah dan etika keilmuan

Ciri pertama jurnal internasional adalah menerbitkan artikel yang sesuai dengan prinsip-prinsip ilmiah dan etika ilmiah. Jika ada kumpulan artikel yang ditulis tidak sesuai dengan kaidah ilmiah, boleh jadi bukan jurnal, melainkan majalah dan karya tulis lainnya. Selain itu, jurnal internasional juga harus memuat artikel yang ditulis dalam etika ilmiah. Dengan kata lain, narasi dalam sebuah artikel ilmiah harus didasarkan pada bukti atau bukti, bukan hanya opini.

INGIN KONSULTASI SEPUTAR PUBLIKASI JURNAL INTERNASIONAL ATAU NASIONAL TERAKREDITASI YANG CEPAT TERBIT? SILAHKAN KLIK LINK DIBAWAH INI YA.

Ditulis dengan bahasa internasional atau bahasa resmi PBB

Jurnal internasional harus memuat artikel yang ditulis dalam bahasa internasional yang diakui oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Bahasa internasional antara lain Inggris, Mandarin, Arab, Spanyol, Rusia, dan Prancis.

Yuk dibaca : harga publikasi jurnal

Memiliki International Standard Serial Number (ISSN)

Jika jurnal baru tersebut memiliki nomor ISSN maka dapat disebut jurnal internasional. Anda dapat melihat nomor ISSN di halaman web jurnal. Jika jurnal memiliki dua edisi, edisi cetak dan edisi online, juga harus ada dua nomor ISSN.

Memiliki terbitan versi online atau daring

Jurnal internasional harus memiliki versi online dari publikasi mereka. Artinya artikel dalam jurnal mereka juga diterbitkan secara online, dan file biasanya dalam format PDF. Versi online dari edisi ini akan memperluas cakupan pengaruh jurnal. Karena jurnal internasional harus terbuka untuk orang di seluruh dunia.

jasa publikasi jurnal nasional

Dewan redaksi mesti berasal dari minimal 4 negara dan expert di bidangnya

Dewan redaksi jurnal internasional atau redaksi bahasa Inggris harus berasal dari setidaknya 4 negara yang berbeda. Jika ada dewan redaksi yang tidak berada dalam lingkup jurnal, Anda perlu mewaspadai hal ini karena bisa jadi itu adalah jurnal predator.

Artikel Penting lainnya : Cara Upload Jurnal Di Google Scholar

Artikel yang terbit dalam satu issue minimal dari penulis yang berasal dari 2 negara

Keistimewaan jurnal internasional selanjutnya adalah menerbitkan artikel dari penulis dari minimal 2 negara yang berbeda dalam terbitan atau terbitan yang sama. Untuk mengetahuinya, Anda dapat memeriksa artikel yang diterbitkan dan memeriksa data biologis penulis.

INGIN KONSULTASI SEPUTAR PUBLIKASI JURNAL INTERNASIONAL ATAU NASIONAL TERAKREDITASI YANG CEPAT TERBIT? SILAHKAN KLIK LINK DIBAWAH INI YA.

Terindeks oleh database atau indeks internasional

Ciri terakhir jurnal internasional adalah masuk dalam database jurnal internasional, seperti Web of Science, Scopus, atau beberapa indeks lain yang sesuai dengan pertimbangan DIKTI.

Akhir Kata Nah, itulah beberapa ciri jurnal internasional yang baik, sehingga bisa menjadi bahan pertimbangan dalam mencari jurnal

yuk dibaca juga : cara download jurnal internasional

Penulis blog website Syntax Corporation Indonesia yang tertarik dengan dunia pendidikan

Request a free quote

We offer professional SEO services that help websites increase their organic search score drastically in order to compete for the highest rankings even when it comes to highly competitive keywords.

Subscribe to our newsletter!

More from our blog

See all posts
No Comments

Leave a Comment