Ciri-Ciri Jurnal Nasional

No Comments

Tentunya setiap dosen yang melakukan penelitian akan menulis karya ilmiah berdasarkan hasil penelitian tersebut. Setelah menyusun sebuah karya ilmiah tentunya perlu dipublikasikan, agar bagi semua pihak manfaat dari karya ilmiah ini semakin pelik. Penting juga untuk memastikan bahwa karya ilmiah yang dikompilasi masuk ke jurnal nasional yang terakreditasi. Karena tidak bisa dipublikasikan, karena proses penerbitan karya ilmiah memiliki aturan khusus. Maka dari itu berikut saya jelaskan Ciri-ciri Jurnal Nasional Terakreditasi.

Ciri-Ciri Jurnal Nasional

Aturan ini dirumuskan untuk memastikan bahwa karya ilmiah sebelum dipublikasikan telah memenuhi aturan yang berlaku. Juga diterbitkan oleh lembaga terpercaya dalam menerbitkan berbagai jurnal ilmiah nasional berkualitas tinggi.

Standar umum jurnal ilmiah nasional terakreditasi

Jurnal nasional yang terakreditasi itu sendiri pada dasarnya merupakan kumpulan karya ilmiah, dan tentunya karya-karya tersebut memiliki kaidah bahasa tersendiri. Berbagai standar atau karakteristik majalah nasional ditampilkan kepada publik. begitu pentingnya kita mengetahui dari ciri-ciri jurnal terakreditasi karna memang sangat penting untuk dosen serta mahasiswa.

Tujuannya adalah untuk membantu pembaca jurnal mengidentifikasi perbedaan dan mengidentifikasinya. Jurnal mana yang sudah terakreditasi dan jurnal mana yang belum terakreditasi. Jadi untuk bisa masuk ke jurnal nasional yang diakui ada beberapa persyaratan atau standar yang harus dipenuhi. berikut ciri-ciri jurnal nasional terakreditasi :

Ciri-Ciri Jurnal Nasional Terakreditasi: 

1. Memenuhi Kaidah Keilmuan 

Jurnal ilmiah nasional dan internasional harus sesuai dengan prinsip-prinsip ilmiah. Hal ini untuk memastikan bahwa jurnal memberikan manfaat yang maksimal bagi pembaca. 

2. Memiliki ISSN 

Kriteria selanjutnya untuk jurnal nasional terakreditasi adalah memiliki ISSN. ISSN sendiri merupakan singkatan dari International Standard Serial Number, yaitu angka 8 digit di bagian belakang jurnal dan berfungsi sebagai nomor identifikasi atau nomor identifikasi jurnal.

Persyaratan ini tidak hanya berlaku untuk jurnal domestik, tetapi juga jurnal internasional. Keunggulan ISSN ini adalah mempermudah proses pengelolaan saat memesan jurnal. Ini juga memudahkan untuk mengidentifikasi setiap jurnal. 

3. Terdapat Terbitan Versi Online 

Majalah nasional juga perlu memiliki versi online, sehingga pembaca yang membutuhkan dapat mengakses majalah tersebut kapan saja dan di mana saja. Ini juga memudahkan mereka untuk mengunduh file jurnal nasional yang diakui dalam format PDF.

Selain itu, majalah pada umumnya memiliki dua bentuk publikasi. Yaitu versi cetak dan versi elektronik kedua. Menurut peraturan yang berlaku, setiap versi cetak memiliki ISSN yang berbeda. 

Ingin tahu info publikasi jurnal nasional terakreditasi yang cepat terbit? silahkan klik link whatsapp dibawah ini ya.

4. Jurnal Dikelola Secara Profesional 

Ketika sebuah jurnal berskala nasional, diperlukan manajemen yang profesional. Sehingga pengelolaan ini telah masuk dalam persyaratan jurnal nasional terakreditasi.

Para profesional di sini adalah majalah dengan periode yang ditentukan dan publikasi berkelanjutan. Misalnya, jika jurnal diterbitkan dua kali setahun, maka setidaknya dua jurnal berbeda akan terus diterbitkan setiap tahun. 

Baca Juga : Ciri-ciri Jurnal Internasional

5. Ditujukan untuk Masyarakat Ilmiah

Pada dasarnya, penerbitan jurnal nasional akan membantu komunitas ilmiah menemukan sumber referensi yang efektif. Komunitas ilmiah di sini adalah salah satu ulama yang perlu mengacu pada hasil penelitian, sehingga tidak diragukan lagi.

6. Diterbitkan Lembaga Mumpuni 

Jurnal ilmiah yang ingin dipublikasikan secara nasional dan diakui juga harus diterbitkan oleh lembaga yang berkualitas. Bisa dari penerbit, lembaga ilmiah, organisasi profesi, atau universitas dan unitnya.

Selain itu, penerbit perlu atau diharuskan memiliki ISSN untuk membuktikan kepatuhannya terhadap standar nasional. Jadi tidak semua penerbit bisa menerbitkan majalah nasional. 

7. Menampung Hasil Penelitian dari Berbagai Bidang Ilmu 

Jurnal ilmiah yang diterbitkan dan terakreditasi harus beradaptasi dengan berbagai jenis metode penelitian. Selain itu, metode penelitian ini berkaitan dengan bidang keilmuan dan profesi.

Oleh karena itu, editor jurnal nasional yang terakreditasi harus melakukan penelitian. Kemudian menyuntikkan hasil penelitian ke dalam karya ilmiah dan mempublikasikannya di jurnal ilmiah. 

8. Memiliki Direksi 

Dewan direksi dan editor harus terdiri dari para ahli di bidangnya masing-masing. Editor ini juga berasal dari setidaknya dua agensi yang berbeda, sehingga mereka memiliki pengetahuan yang lebih beragam untuk mengoreksinya lebih detail. 

9. Terindeks di DOAJ 

Khusus untuk jurnal nasional yang diakui dengan kualitas terjamin perlu dimasukkan dalam DOAJ (Directory of Open Access Journal). DOAJ sendiri adalah situs web yang menampilkan jurnal akses terbuka, di mana Anda dapat menemukan jurnal berkualitas tinggi. 

Ingin tahu info publikasi jurnal nasional terakreditasi yang cepat terbit? silahkan klik link whatsapp dibawah ini ya.

10. Penulis dari Dua Institusi Berbeda

Standar penulis untuk jurnal internasional terdiri dari dua penulis dari dua negara yang berbeda. Sementara itu, jurnal nasional terakreditasi ditulis oleh dua penulis dari dua institusi yang berbeda

Sekian penjelasan mengenai ciri-ciri jurnal nasional terakreditasi semoga bermanfaat, terimkasih

Penulis blog website Syntax Corporation Indonesia yang tertarik dengan dunia pendidikan

Request a free quote

We offer professional SEO services that help websites increase their organic search score drastically in order to compete for the highest rankings even when it comes to highly competitive keywords.

Subscribe to our newsletter!

More from our blog

See all posts
No Comments

Leave a Comment