Daftar Google Scholar

No Comments

Google Scholar, juga dikenal sebagai Google Scholar, adalah alat pengindeksan yang diluncurkan oleh Google untuk mengumpulkan makalah ilmiah oleh dosen atau peneliti yang telah dipublikasikan secara online. Fasilitas tersebut sudah ada sejak tahun 2004 dan juga dapat dijadikan sebagai referensi atau sumber kutipan bagi peneliti, dosen dan mahasiswa saat menulis karya ilmiah. maka sedikit akan saya jelaskan cara daftar google scholar.

Daftar Google Scholar

SINTA (Indeks Sains dan Teknologi) adalah alat pengindeksan karya ilmiah yang diluncurkan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Selain Scopus, indeks Google Cendekia juga dinilai untuk mengevaluasi prestasi dosen Indonesia. Oleh karena itu, setiap dosen di era ini harus memiliki akun di Google Scholar. maka tak jarang juga semua mahasiswa diwajibkan untuk punya akun google scholar, ingin tau cara daftar google scholar berikut saya jelaskan cara daftarnya.

Daftar Google Scholar

  1. Sebelum Daftar Google Scholar, Anda harus menyiapkan email terverifikasi dengan ekstensi ac.id, or.id atau org. Untuk menerima email ini, Anda harus bertanya kepada agensi tempat Anda bekerja.
  2. Buka halaman Google Cendekia https://scholar.google.co.id/ dan login dengan email Anda. Akan muncul
  3. Klik “Informasi Pribadi Saya” untuk mendaftar, lalu isi informasi pribadi Anda dengan benar. Informasi yang diperlukan meliputi nama lengkap, nama institusi, alamat email dengan ekstensi institusi/organisasi, bidang keilmuan, alamat website (jika ada). Klik Lanjutkan setelah selesai
  4. Tambahkan artikel. Google Cendekia akan merekomendasikan beberapa artikel yang berkaitan dengan nama Anda. Silakan centang untuk memilih. Jika Anda tidak memiliki artikel, silakan pilih artikel apa saja dan
  5. Selanjutnya akan ada opsi pengaturan terkait pembaruan artikel. Ada 2 opsi untuk pengaturan ini, masing-masing dengan kelebihan dan kekurangannya sendiri saat diterapkan. (1) Jika Anda memilih opsi UPDATE OTOMATIS, Cendekia akan secara otomatis menambahkan artikel ke profil Anda, sehingga Anda tidak perlu repot untuk menambahkan setiap publikasi Anda ke profil Cendekia Anda, tetapi dengan cara ini artikel orang lain akan Ada banyak kemungkinan termasuk dalam profil Anda. Karena kesamaan metadata. Ini berarti Anda harus memeriksa profil cendekiawan secara teratur untuk melihat apakah artikel orang lain terdaftar di akun Anda. Jika ada, maka Anda dapat menghapusnya secara manual. (2) Jika Anda memilih UPDATE MELALUI VERIFIKASI EMAIL, berarti Google akan mengirimkan email untuk Anda verifikasi sebelum menambahkan artikel ke profil sarjana Anda. Metode ini lebih aman, tetapi Anda juga harus memeriksa informasi pribadi Anda secara teratur untuk melihat apakah publikasi Anda ada dalam arsip sarjana Anda. Umumnya dengan cara ini, Anda perlu masuk ke akun Anda untuk menambahkan artikel Anda sehingga dapat terdaftar di profil sarjana. Pada dasarnya, apa pun pengaturan yang Anda terapkan, Anda tetap perlu memantau akun sarjana Anda secara teratur.
  6. Centang “Jadikan profil saya publik” agar orang dapat melihat dan mengutip profil Google Cendekia Anda
  7. Pada langkah terakhir, harap hapus artikel orang lain yang Anda tambahkan sebelumnya. Selanjutnya, silakan tingkatkan publikasi Anda di jurnal online terindeks, lalu tambahkan secara manual untuk meningkatkan reputasi Anda di Google Cendekia.

Artikel Penting lainnya : Cara Upload Jurnal Di Google Scholar

Akhir Kata Ini adalah cara mudah daftar Google Scholar. Anda dapat melakukan pengeditan yang diperlukan dengan menekan tombol yang disediakan, seperti mengubah profil, menambahkan artikel, mengedit artikel, dan menghapus artikel.

Penulis blog website Syntax Corporation Indonesia yang tertarik dengan dunia pendidikan

Request a free quote

We offer professional SEO services that help websites increase their organic search score drastically in order to compete for the highest rankings even when it comes to highly competitive keywords.

Subscribe to our newsletter!

More from our blog

See all posts
No Comments

Leave a Comment