Apa itu Google Scholar

No Comments

Google cendekia (Bahasa Inggris: Google Scholar) adalah layanan yang memungkinkan pengguna untuk mencari topik teks dalam berbagai format publikasi. Indeks Google Cendekia diluncurkan pada tahun 2004 dan mencakup jurnal online untuk publikasi akademik. Google Cendekia menyediakan cara mudah untuk mencari berbagai literatur ilmiah. Seseorang dapat mencari bidang dan referensi lintas pengetahuan dari satu tempat: makalah, makalah, buku, abstrak, dan artikel yang ditinjau oleh rekan sejawat, dan artikel dari penerbit akademik, komunitas profesional, basis data pracetak, universitas, dan organisasi akademik lainnya. Google Cendekia akan membantu orang menemukan penelitian yang paling relevan dari semua penelitian akademis. Google Cendekia bertujuan untuk mengedit artikel seperti peneliti, dengan mempertimbangkan kelengkapan teks setiap artikel, penulis, publikasi artikel, dan seberapa sering artikel dikutip dalam literatur akademik lainnya. Hasil yang paling relevan akan selalu ditampilkan di halaman pertama.

Kebutuhan manusia akan informasi tidak akan pernah bisa terpenuhi. Setelah memperoleh satu jenis informasi, orang cenderung mencari informasi lain. Terutama ketika mencari buku, jurnal, karya ilmiah, dll untuk tujuan penelitian. Dalam hal ini, Google menyediakan fitur yang sangat berguna yang disebut Google Cendekia.

Jika Anda seorang mahasiswa, dosen atau sarjana, Anda mungkin sering menggunakan layanan ini. Layanan ini mirip dengan “perpustakaan digital”, yang memungkinkan Anda mengakses sejumlah besar informasi terkait karya ilmiah, buku, tulisan, dan berbagai sumber akademik dan penelitian yang tercatat dalam layanan.

Saat memperoleh bahan referensi terkait tugas yang harus diselesaikan, perpustakaan mungkin menjadi pilihan utama. Namun, tidak ada perpustakaan yang bisa menyediakan semua sumber informasi secara lengkap, bukan? Setiap perpustakaan menyediakan buku sesuai dengan kebutuhan masyarakat sekitar. Anda dapat memilih layanan ini ketika Anda harus mendapatkan bahan referensi di luar perpustakaan.

Cara Mengakses Google Scholar

apa itu google scholar

Anda dapat melihat di bagian ini tentang cara mengaksesnya.

  • Anda dapat melihat di bagian ini tentang cara mengaksesnya.
    • Pertama, buat akun Gmail.
    • Setelah selesai, masukkan https://scholar.google.com/ di pencarian Google.
    • Isi profil pribadi Anda (disarankan menggunakan email institusi atau organisasi).
    • Di beranda, masukkan alamat situs web institusi Anda dan klik Berikutnya.
    • Masukkan nama organisasi dan pilih artikel yang diterbitkan oleh organisasi tersebut.
    • Hasil pencarian akan cocok dengan beranda yang dimasukkan di profil sebelumnya.
    • Anda dapat menyesuaikan hasil pencarian dengan masuk ke pengaturan dan memasukkan apa pun yang Anda butuhkan (seperti bahasa, jumlah tampilan dalam pencarian, dll.).
    • Setelah selesai, Anda dapat dengan bebas mencari di berbagai karya dan materi yang telah terhubung ke Google Cendekia.

Ini sederhana, bukan? Melalui langkah-langkah sederhana di atas, Anda dapat mengakses sejumlah besar informasi dan file yang berisi bahan penelitian atau hasil penelitian. Hal ini tentunya akan mendukung proses pembelajaran yang Anda lakukan sehingga dapat berlangsung lebih cepat.

artikel lainnya : Jurnal Terindeks Scopus

Manfaat Google Scholar

Tentunya dari sisi manfaat, masyarakat bisa mendapatkan banyak manfaat melalui layanan ini. Penggunaannya tidak hanya bermanfaat bagi pencari informasi, tetapi juga bermanfaat bagi pemilik informasi.

Mudah Melakukan Akses

Karena mencari informasi tulisan akademik tidak perlu lagi melalui perpustakaan fisik, maka akan mudah untuk mengaksesnya. Tentunya keberadaan perpustakaan fisik akan menjadi bahan referensi yang baik. Namun, ini akan terhalang oleh jam kerja, dll. Dengan adanya “perpustakaan” yang dimiliki oleh Google ini, Anda dapat mencari materi pembelajaran dan hasil penelitian lainnya tanpa terhalang oleh hambatan fisik.

Pencarian dengan Cepat

Ketika Anda tahu persis apa yang Anda cari, Google Cendekia akan memberi Anda hasil dalam beberapa detik. Tentu saja, Anda juga dapat menggunakan katalog perpustakaan untuk melakukan ini, tetapi Anda masih harus pergi ke rak yang ditentukan untuk menemukan lebih banyak buku yang Anda butuhkan dan seterusnya. Adanya pusat literasi komprehensif seperti ini dapat menghemat waktu dan tenaga.

Kebutuhan Ruang

Bayangkan berapa banyak ruang yang dibutuhkan untuk menyimpan setiap buku, hasil penelitian, jurnal, dan berbagai file di dunia? Mungkin tidak ada area yang cukup besar untuk menampung semua file ini. Namun, dengan adanya digitalisasi informasi, semua itu dapat diakomodasi dalam database pusat yang ada, sehingga tidak terlalu memakan tempat atau area. Manajemen lebih mudah dan tidak membutuhkan banyak usaha.

Media Publikasi yang Murah

Bagi peneliti atau yang mempublikasikan dokumen penelitian, Google Scholar merupakan media penerbitan yang ekonomis. Karena layanan ini gratis untuk digunakan, semua pihak dapat menggunakan Google Cendekia terlepas dari biaya yang dikeluarkan. Mungkin diperlukan beberapa upaya untuk membeli hak akses untuk satu atau lebih dokumen yang bernilai penting. Namun, itu masih jauh lebih murah daripada mencetak, menerbitkan, dan menyalinnya.

Keberadaan Google Scholar jelas dapat memberikan manfaat bagi setiap orang yang berkepentingan. Di satu sisi, digitalisasi memang sudah menjadi keharusan. Di sisi lain, proses pembelajaran terus berkembang dan terus terjadi. Menunggu tidak lagi menjadi bagian dari jadwal dan agenda banyak orang, sehingga kecepatan akses diperlukan.

Baca Juga : Jurnal Scopus Gratis

Meskipun tidak semua arsip dapat ditemukan di Google Scholar, karena masih banyak layanan perpustakaan digital lainnya, setidaknya Anda dapat menggunakan layanan ini sebagai referensi saat mencari materi.. Maksimalkan penggunaan layanan gratis yang disediakan berbagai platform untuk pengembangan diri, dan jadilah manusia modern yang seutuhnya.

Penulis blog website Syntax Corporation Indonesia yang tertarik dengan dunia pendidikan

Request a free quote

We offer professional SEO services that help websites increase their organic search score drastically in order to compete for the highest rankings even when it comes to highly competitive keywords.

Subscribe to our newsletter!

More from our blog

See all posts
No Comments

Leave a Comment