Contoh Paten Sederhana

  • September 24, 2022
  • HKI
No Comments

Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi sedikit mengenai contoh paten sederhana, dan semoga setelah kalian melihat artikel ini bisa menjadi solusi dan bermanfaat bagi kalian, namun sebelum kalian masuk lebih dalam kita ikuti ulasan berikut ini.

Paten sederhana adalah salah satu jenis dari paten, sedangkan jenis lainnya paten biasa. Yang mana keduanya diatur dalam UU Paten Nomor 3 tahun 2016. Dalam kehidupan bermasyarakat, paten sederhana yang bisa disebut juga sebagai utility models memiliki peran yang penting.

Fitur ini biasanya dikaitkan dengan payung hukum di mana paten Anda diajukan. Pada artikel ini, kami akan memberikan informasi tentang paten tersebut, baik paten maupun sederhana. Namun sebelum itu, ketahui dulu pengertiannya berikut ini.

Baca Juga : Berapa Lama Pengurusan HKI?

Pengertian Paten Sederhana

Contoh Paten Sederhana

Menurut pengertiannya, paten sederhana adalah penemuan atau pengembangan sesuatu, atau lebih tepatnya penemuan, dari suatu produk atau proses yang sudah ada tetapi memiliki kegunaan dan nilai yang lebih praktis. Sedangkan paten (konvensional atau biasa) adalah penemuan baru yang belum pernah ada sebelumnya.

Mengenai durasi perlindungan paten, keduanya berbeda. Menurut Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI), masa berlaku paten (biasanya) 20 tahun sejak tanggal penerimaan. Sedangkan masa berlaku Paten Sederhana adalah 10 tahun, ada pertimbangan tertentu, selisihnya 10 tahun.

Sementara paten sederhana tidak membuat klaim baru untuk sesuatu, akan tetapi masih memiliki kegunaan baru dari apa pun yang datang sebelumnya. Bahkan, bukan hanya komoditas atau inovasi teknologi, tetapi proses atau metode baru bisa begitu saja dipatenkan.

Contoh Paten Sederhana

Melihat definisi hak paten sederhana di atas, jenis paten ini mengisyaratkan tentang sesuatu yang memiliki nilai kegunaan sederhana dan praktis. Mengingat untuk ,memperoleh hak paten sederhana prosesnya lebih mudah atau gampang serta jalurnya lebih cepat.

Contoh paten sederhana yang berwujud, seperti pengupas apel, parutan kelapa, peralatan rumah tangga, dan aksesoris utilitas.

Waktu penemuan yang lebih singkat untuk metode, proses, dan produk dari paten sederhana. Karena itu tidak datang dari penelitian mendalam, pengembangan, atau penyelidikan solusi. Sebaliknya, ini adalah kreasi terbaru dan pengembangan inovatif untuk menciptakan produk bernilai lebih praktis dan bermanfaat.

Baca Juga : Perbedaan Paten Dan Paten Sederhana

Perbedaan Paten dengan Paten Sederhana

Contoh Paten Sederhana

Membicarakan tentang perbedaan antara paten sederhana dan paten biasa ada banyak sekali. Secara lebih detail, berikut ini kami susun dalam bentuk daftar.

1. Masa Berlaku

Yang pertama dalam contoh paten sederhana adalah Sebagaimana yang telah kami tulis di atas, paten biasa berlaku 20 tahun dan paten sederhana 10 tahun di Indonesia.

2. Invensi

Contoh Paten Sederhana

Yang kedua dalam contoh paten sederhana adalah Paten biasa bagi invensi yang benar-benar baru, sedangkan paten sederhana umumnya sebagai pengembangan yang lebih praktis dari penemuan sebelumnya.

3. Jumlah Klaim

Selanjutnya yang ketiga dalam contoh paten sederhana adalah Paten biasa tidak ada pembatasan untuk jumlah klaim, sedangkan paten sederhana jumlah klaim hanya satu kali.

4. Proses

Contoh Paten Sederhana

Yang terakhir dalam contoh paten sederhana adalah Menurut Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI), progres dari sebuah klaim paten sederhana lebih mudah dan cepat daripada progres klaim dari paten biasa.

Di luar negeri seperti Filipina, Thailand, dan Amerika Serikat apa itu paten sederhana juga dikenal sebagai Petty Patent, Simple Patent, atau Utility Model yang lebih merujuk pada alat serbaguna.

Sedikit informasi mengenai paten ini, jangka waktu paten sederhana yang 10 tahun tersebut tidak bisa Anda perpanjang. Dengan kata lain, berlakunya perlindungan paten sederhana adalah hanya satu klaim saja.

Baca Juga : Jenis Jenis Hak Paten

Kesimpulan

Nah, mungkin itu saja yang bisa kami sampaikan terkait contoh paten sederhana, semoga dapat berguna dan bermanfaat bagi teman-teman. Terimakasih!

Penulis blog website Syntax Corporation Indonesia yang tertarik dengan dunia pendidikan

Request a free quote

We offer professional SEO services that help websites increase their organic search score drastically in order to compete for the highest rankings even when it comes to highly competitive keywords.

Subscribe to our newsletter!

More from our blog

See all posts
No Comments

Leave a Comment